Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Psikologi Agama (Kebutuhan Agama)


Link Download Power Point



Makalah Psikologi Agama (Kebutuhan Agama)

Makalah Psikologi Agama (Kebutuhan Agama)


Download Makalah Lain :

Analisis Terhadap Psikologi Agama

Pengaruh Psikologi Agama Terhadap Perilaku Peserta Didik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran




BAB II
PEMBAHASAN

A. Kebutuhan Manusia akan Agama

Manusia disebut sebagai makhluk yang  beragama (homo religious). Dalam ajaran agama islam, bahwa adanya kebutuhan terhadap agama disebabkan manusia selaku makhluk Tuhan dibekali dengan berbagai potensi (fitrah) yang dibawa sejak lahir. Salah satu fitrah tersebut adalah kecenderungan terhadap agama.

Prof.Dr. hasan Langgulung mengatakan:
“salah satu cirri fitrah ini ialah bahwa manusia menerima Allah sebagai Tuhan, dengan kata lain, manusia itu adalah dari asal mempunyai kecenderungan beragama, sebab agama itu sebagian dari fitrah-Nya”.

Dalam Munjid juga ditemukan bahwa fitrah juga mempunyai arti yaitu: ”sifat yang mensifati segala yang ada pada saat selesai diciptakan”. Arti-arti diatas masih bersifat umum untuk mengkhususkan arti fitrah hendaklah diperhatikan maksud firman Allah SWT sebagai berikut: Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah). Tetapkanlah atas fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrahnya. (QS Al-Rum 30:30) Mushthafa Al-Maraghi menafsirkan ayat diatas sebagai berikut: “tetaplah pada tabiat yang telah ditetapkan  Allah pada diri manusia, maka Allah menjadikan fitrah mereka itu cenderung kepada tauhid itu sendiri dengan petunjuk yang benar dan berasal dari akal”.

B. Kebutuhan Ibadah (Agama)

       Bentuk kebutuhan agama dalam hal ini dirtikan sebagai kebutuhan beribadah sebagai salah satu tugas manusia. Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa manusia dan jin diciptakan bertugas untuk beribadah.
و ما خلقت الجن و الانس الا ليعبدون

“…. Tidak ku ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku”. 
Tugas Beribadah ini beruhubungan erat dengan tugas sebagai khalifah, ibadah sebagai implementasi hubungan vertikal, sedangkan khalifah sebagai implementasi hubungan kebawah dengan alam. Ibadah merupakan implementasi ketundukan dan kepatuhan kepada atasan, sementara khalifah merupakan implementasi kekuasaan yang bertanggung jawab dan pengelolaan yang ramah lingkungan.




Baca Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Psikologi Agama (Kebutuhan Agama)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top