Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Psikologi Agama (Peran Kontrol Psikologi Agama Terhadap Kecerdasan Intelektual)

Download Power Point


Makalah Psikologi Agama (Peran Kontrol Psikologi Agama Terhadap Kecerdasan Intelektual)

Makalah Psikologi Agama (Peran Kontrol Psikologi Agama Terhadap Kecerdasan Intelektual)

Download Makalah Lain :


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Makalah Psikologi Agama (Analisis Terhadap Psikologi Agama)

Makalah Psikologi Agama (Problematika Moral dalam Era Globalisasi)



BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan adalah bahasa-bahasa yang dibicarakan oleh semua orang dan sebagian dipengaruhi oleh kebudayaan dimana ia dilahirkan, merupakan alat untuk belajar, menyelesaikan masalah, dan menciptakan semua hal yang biasadigunakan manusia. 

Sehingga, kecerdasan intelektual adalah kemampuan intelegensi, analisa, logika dan rasio untuk menerima, menyimpan dan mengelola informasi menjadi fakta dengan cara berfikir. Kecerdasan intelelektual sudah ada sejak manusia dilahirkan dan seiring dengan perkembangan jaman, kecerdasan intelektual semakin meningkat. Pada kecerdasan intelektual, ada fakultas dalam memilah mana yang baik dan yang buruk. Intelektual memiliki kecenderungan berwawasan untuk kepentingan yang lebih universal.

B. Pendekatan Memahami Kecerdasan Intelektual

Dalam memahami hakikat intelektual, Maloney dan ward, mengemukakan empat pendekatan umum, yaitu :

1. Pendekatan Teori Belajar

Inti pendekatan teori belajar adalah mengenai masalah hukum-hukum dan prinsip umum yang dipergunakan oleh individu untuk memperoleh bentuk-bentuk perilaku baru. Dan yang ditekankan dalam pendekatan ini adalah intelektual bukanlah sifat kepribadian seseorang akan tetepi merupakan kualitas dari hasil belajar yang telah terjadi.

2. Pendekatan Neurobiologis

Pendekatan neuro-biologis beranggapan bahwa intelektual memiliki dasar anatomis dan biologis. Pendekatan neurobiologis menimbulkan berbagai teori intelektual yang mengaitkan perilaku intelektual serta ciri-cirinya dengan aspek-aspek biologis.

3. Pendekatan Psikometris

Ciri utama dalam pendekatan ini adalah adanya anggapan bahwa intelektual merupakan suatu konstrak (construct) atau sifat (trait)psikologis yang berbeda-beda kadarnya bagi setiap orang. Dalam Groth-Marnat mengatakan bahwa suatu kritik terhadap pendekatan psikometris adalah penekanan berlebihan dari pihak perancang tes pada aspek kuantitatif.

Dalam pendekatan psikometris sendiri, terdapat dua arah studi, yaitu yang bersifat praktis dan lebih menekankan pada pemecahan masalah (problem solving) dan yang lebih menekankan pada konsep dan penyusunan teori.

4. Pendekatan Teori Perkembangan

Dalam pendekatan teori perkembangan, studi intelektual dipusatkan pada masalah perkembangan intelektual secara kualitatif dalam kaitannya dengan tahap-tahap perkembangan biologis individu, yang terlihat adanya pola respon tertentu yang ada kaitannya dengan tingkatan usia tertentu pada diri seseorang.





Baca Makalah Lain :





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Psikologi Agama (Peran Kontrol Psikologi Agama Terhadap Kecerdasan Intelektual)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top