Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Kegunaan Fisafat Pendidikan Islam)

Selengkapnya


Link Download Power Point


Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Kegunaan Fisafat Pendidikan Islam)

Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Kegunaan Fisafat Pendidikan Islam)

           
BAB I
PENDAHULUAN

Setiap orang memiliki filsafat, walaupun ia mungkin tidak sadar akan hal tersebut. Kita semua mempunyai ide-ide tentang benda-benda, tentang Tuhan, kematian, sejarah, arti kehidupan, benar atau salah, keindahan atau kejelekan dan sebagainya. Banyak orang termenung pada suatu waktu. Kadang-kadang karena ada kejadian yang membingungkan dan kadang-kadang hanya karena ingin tahu dan berfikir sungguh-sungguh tentang soal-soal yang pokok.

Hal tersebut merupakan falsafi, usaha untuk mendapatakna jawaban atau pemecahan terhadapnya telah menimbulkan teori-teori dan sistem pemikiran. Oleh karena itu, filsafat dimulai oleh rasa heran, bertanya dan memikir tentang asumsi-asumsi kita yang mendasar, maka kita perlukan untuk meneliti bagaiman afilsafat itu menjawabnya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam

1. Pengertian Filsafat
2. Pengertian Pendidikan dan Pendidikan Islam
3. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam

B. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam

1. Dimensi Makro

a)  Ontologi
b)  Epistimologi
c)  Aksiologi

2. Dimensi mikro

a)  Tujuan pendidikan
b)  Pendidik
c)  Peserta didik
d)  Alat-alat pendidikan
e)  Lingkungan pendidikan. 

C. Kegunaan Filsafat Pendidikan Islam

BAB III
PENUTUP

Pada dasarnya filsafat pendidikan Islam merupakan sistem berfikir filsafah yang diaplikasikan dalam memecahkan problema-problema pendidikan, sebagai hasil dari produk pemikiran yang dapat dijadikan sebagai acuan bagi pelaksanaan pendidikan pada umumnya. Dan pada dasarnya juga sama denagn filsafat pendidikan lainnya, perbedaannya terletak pada titik tolaknya. Filsafat pendidikan Islam bertolak dari ajaran dan nilai-nilai Islam.

Dan ruang lingkup filsafat pendidikan Islam adalah pemikiran yang serba mendalam, mendasar, sistematis, terpadu, logis dan universal mengenai konsep-konsep yang berkaitan dengan pendidikan atas dasar ajaran Islam.

Dengan filsafat pendidikan Islam harus dapat memberikan pedoman kepada para perencana pendidikan, dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan. Dan pemahaman terhadap filsafat pendidikan Islam secara utuh akan memberikan pengaruh terhadap perbuatan yang tanpa rencana dan mencoba-coba dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan Islam.






Baca Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Kegunaan Fisafat Pendidikan Islam)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top