Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Hadis Tarbawi (Bahasa Manusia)

Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Hadis Tarbawi (Bahasa Manusia)

Makalah Hadis Tarbawi (Bahasa Manusia)

BAB I
PENDAHULUAN

Manusia adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang saling membutuhkan antara satu samalain. Untuk melangsungkan hidupnya manusia harus berkomunikasi atau sering disebut dengan bahasa.

BAB II
PEMBAHASAN


A. Materi Hadits

 عن  زيد بن ثابت قال : أمرني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أتعلم له كلمت من كتاب يهود قال إني والله ما آمن يهود على كتاب قال فما مر بي نصف شهر حتى تعلمته له قال فلما تعلمته كان إذا كتب إلى يهود كتبت إليهم وإذا كتبوا إليه قرأت له كتابهم قال أبو عيسى هذا حديث حسن صحيح
وقد روي من غير هذا الوجه عن زيد بن ثابت رواه الأعمش عن ثابت بن عبيد الأنصاري عن زيد بن ثابت قال أمرني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أتعلم السريانية قال الشيخ الألباني : حسن صحيح(رواه الترميذي)

B. Terjemah Hadits

C. Mufradat

 D. Biografi Perawi

Zaid bin Tsabit

Nama lengkapnya adalah Zaid bin Tsabit Adh-Dhahhak bin Laudzan Al-Anshari An-Najjari (612-637), atau yang lebih dikenal nama Zaid bin Tsabit, adalah seorang sahabat Rasulullah saw dan merupakan penulis wahyu dan surat-surat Rasulullah saw.

E. Keterangan Hadits

F. Aspek Tarbawi

Dari hadits di atas dapat disimpulkan bahwa belajar memaahami kitab dan bahasa orang lain itu memang sangat penting karna dengan itu seorang dapat mengetahui apa yang ingin di sampaikan dan manusia yang bersifat sosial itu, mereka tidak bisa hidup tanpa orang lain, maka mereka perlu adanya komunikasi antar sesama.

Berbahasa ibarat menghirup udara, setiap saat kita konsumsi tanpa mempertanyakan darimana asalusul udara. Kita baru resah mengenai kualitas udara takala kita merasakan adanya polusi yang membuat pernapasan sesak. Hal serupa terjadi pada bahasa,  ketika kata-kata dan iformasi tidak lagi menyehatkan dan bahkan membingungkan, kita mulai kritis untuk mempertanyakan bahasa dan berbagai aspek serta fungsinya. 

BAB III
PENUTUP

Rasulullah telah mengajar kan kepada umatnya agar mempelajari bahasa lain, agar umat islam bisa berkembang. Karena bahasa adalah sarana komunikasi. Seperti yang sudah di jelaskan dalam hadits diatas bagaimana rasulullah berkomunikasi dengan bangsa lain.



Lihat Makalah Lain :



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Hadis Tarbawi (Bahasa Manusia)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top