Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Profil Guru)

Selengkapnya 

Link Download Power Point



Makalah Strategi Belajar Mengajar (Profil Guru)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Profil Guru)

BAB I
PENDAHULUAN

Guru merupakan salah satu komponen pendidikan yang memegang peranan penting dalam dunia pendidikan. Bahkan bisa dikatakan bahwa maju atau tidaknya pendidikan di suatu negara ditentukan oleh kualitas guru-guru yang ada di negara itu. Oleh sebab itu, kesuksesan dunia pendidikan di negara kita dipengaruhi oleh kesuksesan seorang guru. Guru secara sederhana dapat diartikan sebagai orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik. Mengingat demikian berat tugas dan pekerjaan guru, maka ia harus memenuhi persyaratan dan kompetensi sebagai seorang guru.

Dalam makalah ini akan dibahas mengenai profil guru  mencakup pengertian profil guru, profil guru yang sukses, ciri-ciri guru yang baik dan kompetensi yang harus dimiliki guru.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Profil Guru

Kata profil berasal dari bahasa Italia, profilo dan profilare, yang berarti gambaran garis besar. Arti kata profil antara lain : a) Gambaran tampang atau wajah seseorang yang dilihat dari samping. Arti ini dilihat dari dunia seni. b) Dalam bidang komunikasi dan bahasa, berarti biografi atau riwayat hidup singkat seseorang. Arti inilah yang digunakan dalam ”Membaca Profil Tokoh”.

B.     Syarat-syarat Guru

1)      Bertaqwa kepada Allah Swt
2)      Berilmu
3)      Berkelakuan baik
4)      Sehat Jasmani

C.    Profil Guru yang Sukses

D.    Ciri-ciri Guru yang Baik

E.     Kompetensi Guru

Ddalam pasal 8 dinyatakan, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Selanjutnya pasal 10 ayat 1 menyatakan kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

BAB III
PENUTUP

Dari pemaparan makalah profil guru di atas maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses belajar mengajar guru harus bisa menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga siswa-siswa betah belajar di kelas. Pembelajaran yang menyenangkan bukan semata-mata pembelajaran yang mengharuskan anak-anak untuk tertawa terbahak-bahak, melainkan sebuah pembelajaran yang di dalamnya terjalin hubungan yang harmonis antara guru dan murid dalam suasana yang sama sekali tidak ada tekanan. Yang ada hanyalah jalinan komunikasi yang saling mendukung. Dan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru diharapkan dapat selalu mengikuti perkembangan yang ada. Jadi guru dapat menginformasikan kepada siswa mengenai apa-apa saja yang sedang terjadi, sehingga dengan begitu siswa tidak akan ketinggalan zaman.



Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Strategi Belajar Mengajar (Profil Guru)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top