Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Hadis Tarbawi (Hubungan Manusia dengan Pencipta)

Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Hadis Tarbawi (Hubungan Manusia dengan Pencipta)

Makalah Hadis Tarbawi (Hubungan Manusia dengan Pencipta)

BAB I
PENDAHULUAN

Sesungguhnya agama yang diridhoi Allah adalah agama islam,berikut adalah salah satu firman Allah yang telah menegaskan bahwasanya agama islam adalah agama yang paling benar disisi Allah. Namun apakah agama islam itu dan bagaimana bisa dikatakan sebagi islam? Namun dalam firman Allah tersebut belumlah dijelaskan secara terperinci sehingga dapat dipahami. Dan hadits Rasulullah merupakan sumber pedoman yang ke dua setelah Alquran. Dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah berikut merupakan penjelasan dari Nabi terkait dengan islam dan apasaja yang berhubungan dengannya seperti iman, ihsan dan lainnya yang sudah selayaknya kita sebagai muslim dapat mengetahuinya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. HADITS 

عن ابي هريرة  قل: كان النبي صلي الله عليه و سلم بارزا يوما للناس فأتاه جبريل فقال: ما الإيمان قال: الإيمان أن تؤمن بالله وملائكته و كتبه و بلقائه و رسله و تؤمن بالبعث قال: ما الإسلام قال: الإسلام أن تعبد الله ولاتشرك به شيئا و تقيم الصلاة و تؤدي الزكاة المفروضة و تصوم رمضان قال: ما الإحسان قل: أن تعبد الله كأنك تراه فأن لم تكن تراه فإنه يراك قال متى الساعة قال: ما المسئول عنها بأعلم من السائل و سأخبرك عن أشراطها إذا ولدت الأمة ربها وإذا تطاول رعاة الإبل البهم في البنيان في خمس لا يعلمهن إلا الله ثم تلا النبي صلى الله عليه وسلم (إن الله عنده علم الساعة) الاية ثم أدبر فقال ردوه فلم يروا شيئا فقال هذا جبريل جاء يعلم الناس دينهم قال أبو عبدالله جعل ذلك كله من الايمان(رواه البخا ري في الصحيح كتا ب الايمان,باب سؤال جبريل النبي عن الايمان والاسلام والاحسن)             

B.     TARJEMAH

C.     MUFRODAT

D.    BIOGRAFI ABU HURAIRAH

Nama asal Abu Hurairah adalah Abdurrahman bin Shakhr Ad-Dawsi (salah satu kabilah Yaman), nama islam yang diberikan Nabi Saw sebagai pengganti nama masa jahiliahyaitu Abdusyams bin Shakhr. Kemudian dipanggil Abu Hurairah oleh Rasulullah yang juga berati bapaknya kucing pada saat beliau melihatnya membawa kucing kecil. Memang ia sangat menyayangi kucing , setiap hari ia selalu membawanya kemana ia pergi.

Abu Hurairah masuk islam pada tahun ke-7 Hijriyah pada tahun perang Khaibah dan meninggal dunia pada 57 H di Al-Aqiq. Dia adalah komandan penghuni Shuffah, yang menghabiskan waktunya untuk beribadah. Abu Hurairah juga pernah diangkat menajadi gubernur Bahrain pada masa Umar bin Al-Khathab dan pada masa Ali juga pernah akan diangkat menjadi Gubernur Madinah. Abu Hurairah memiliki sifat yag terpuji diantaranya wara’, takwa,dan Zuhud. Ia juga seorang yang suka bercanda dan humoris yang bermanfaat. Ia suka bercerita cerita yang menghibur. Tetapi pada malam hari ia selalu melaksanakan shalat tahajud sepanjang malam secara khusyu’.

E.     KETERANGAN HADITS

Sebelum ini telah disebutkan, bahwa Imam Bukhari menganggap Islam dan Iman adalah satu makna. Secara eksplisit pertanayaan Jibril mengindikasikan adanya perbedaan antara Iman dan Islam dengan menganggap bahwa Iman adalah keyakinan terhadap tertentu. Dalam hadits ini ditunjukkan Iman merupakan suatu keyakinan seorang hamba terhadap sang pencipta dalam hal ini adalah Allah SWT. Sedangkan Islam menurut hadits Nabi adalah menampakkan amalan-amalan khusus seperti yang dikemukakan dalam hadits bahwa islam yaitu menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya, menegakkan sholat, membayar zakat dan puasa Ramadhan.

F.      ASPEK TABAWI

Aspek tarbawi yang terkandung dalam hadits diantaranya ialah
1.      Bahwasanya agama yang paling benar adalah agama islam
2.      Nabi mengajarkan kepada manusia agar beriman, islam dan ihsan terhadap Allah SWT
3.      Diantara tanda-tanda kiamat adalah seorang anak yang telah memperbudak ibunya. Untuk hal ini dianjurkan untuk lebih tidak menyia-nyiakan orang tua.
4.      Pertanyaan yang baik dapat dinamakan ilmu dan pengajaran, hal ini adalah pertanyaan malikat jibril terhadap Nabi terkait kebaikan yakni tentang iman, islam, ihsan dan hari kiamat. 

BAB III
PENUTUP

Dari keseluruhan isi hadits diatas hadits ini dapat dikatakan sebagai Ummu Sunnah(induk Sunnah) karena mengandung ilmu sunnah secara global karena seluruh hadits ini mencakup keseluruhan kewajiban ibadah secara lahir dan batin mulai dari iman, waktu, harta, perbuatan anggota tubuh , ikhlas dan konsisten untuk melaksnakan amalan sampai-sampai seluruh ilmu syari’at merujuk kepadanya dan menjadi cabangnya. Menurut Imam Bukhari sebagai periwayat hadits ini semua itu merupakan bagian dari Iman, yaitu Iman yang sempurna yang mencakup seluruh perkara ini.



Lihat Makalah Lain :





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Hadis Tarbawi (Hubungan Manusia dengan Pencipta)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top