Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Hadis Tarbawi (Manfaat Flora dan Fauna)

Selengkapnya


Makalah Hadis Tarbawi (Manfaat Flora dan Fauna)

Makalah Hadis Tarbawi (Manfaat Flora dan Fauna)

BAB I
PENDAHULUAN

Allah telah menciptakan bumi sebagai tempat hidup manusia, dan sebelumnya telah tercipta berbagai jenis pepohonan dan hewan-hewan. Dimana beraneka ragam jenis tumbuhan dan hewan itu tidak lain untuk dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber makanan dan kehidupan. Beraneka ragam jenis tumbuhan dan hewan mengarah kepada keagungan Allah SWT. Ribuan bahkan jutaan jenis tumbuhan telah dapat diketemukan bahkan diantaranya mungkin masih belum diketahui. Begitu pula dengan hewan-hewan yang ada sampai saat ini dengan beragam jenis.Keagungan Allah dalam menciptakan berbagai macam tumbuhan maupun hewan pun dapat dirasa, tat kala kita sering mendengar dan melihat sendiri tentang beberapa jenis spesies langka sebagai perkembangan dari keanekaragaman hayati tersebut. Kaenehan-keanehan hewan dan tumbuhan maupun pepohonan.

Salah satu flora dan fauna yng akan di bahas dalam makalah ini tentang manfaat tunbuhan, yakni habbatussauda dan pelajaran yang dapat di ambil dari seekor lebah.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Materi Hadits

1.         Hadits 1
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال : { مَا مِنْ دَاءٍ إِلَّا فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ مِنْهُ شِفَاءٌ إِلَّا السَّامَ }.  (رواه مسلم فى الصحيح, كتاب السلام, باب التداوي بالحبة السوداء)

2.         Hadits 2
عن عَبْدِ اللهِ بنِ عُمَرَ وَ بْنِ الْعَاصِ اَنَّهُما سَمِعَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :  { اِنَّ مَثَل الْمُؤَمِنِ لَكَمَثَلِ النَّحْلَةِ اَكَلَتْ طَيْبًا وَوَضَعَتْ طَيْبًا وَوَقَعَتْ فَلَمْ تُكْسَرْ وَلَمْ تُفْسَدْ } (رواه احمد فى المسند مسند المكثرين من الصحابة مسند عبد الله بن عمر و بن العاص)

B.       Tarjamah Hadits

1.         Hadits 1
“Dari Abi Huraiah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: tidak ada obat kecuali dalam habbatussauda, darinya dapat menyembuhkan kecuali  kematian”. (HR. Imam Muslim)

2.         Hadits 2
“Dari Abdullah bin Amru bin Ash bahwa ia mendengar Rasulullah  SAW bersabda : sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperti lebah. Dia memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik, hinggap namun tidak memecah dan merusak.” (H.R Ahmad)

C.      Makna Mufrodat

1.         Mufrodat Hadits 1
2.         Mufrodat Hadits 2

D.      Biografi Rawi

1.         Hadits 1
a.         Biografi Abu Hurairah
 b.        Biografi Muslim

2.         Hadits 2
a.         Biografi Abdullah bin Amru bin Ash
b.        Biografi Imam Ahmad

E.       Keterangan Hadits

1.      Hadits 1
2.      Hadits 2

F.       Aspek Tarbawi

1.      Hadits 1
a)    Allah menciptakan sesuatu tidak dengan sia- sia. Banyak manfaat yang dapat kita ambil, salah satunya tanaman habbatussauda.
b)    Dalam segala macam penyakit yang Allah swt berikan pasti Allah swt juga memberikan obatnya.
c)   Dalam habbatussauda mengandung banyak khasiat, diantaranya: Menguatkan sistem kekebalan tubuhMeningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kekebalan tubuh, meningkatkan bioaktifitas hormone, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stress, anti histamin, dan lain sebagainya. 

2.      Hadits 2
a)      Manusia harus memberikan manfaat bagi manusia lainnya
b)      Seorang mukmin dinjurkan meniru sifat- sifat lebah, diantaranya:
1)      Mengambil yang bersih

Apabila kita mengisi tubuh kita dengan sesuatu yang baik, halal, bermanfaat, baik makanan ataupun hal-hala lain. Tentu akan membuat kita memproduksi hal-hal yang baik pula.

2)       Mengeluarkan yang bersih
Ketika kita mendapatkan ilmu, bagikanlah kepada orang lain begitu juga saat kita mendapat kebaikan bagikanlah kepada orang lain.

3)      Tidak pernah merusak
Seharusnya kita tidak merusak apapun, bahkan malah sebaiknya kita memberikan perbaikan, mengubah segala bentuk kedzaliman.

4)      Bekerja keras
5)      Bekerja dalam jamaah terorganisasi dan patuh. 

BAB III
PENUTUP

Dari kedua hadits tersebut menjelaskan bahwa Allah menciptakan flora dan fauna dengan banyak manfaat. Habbatussauda adalah salah satu anugerah yang Allah Ta’ala berikan kepada manusia sebagai sarana pemelihara kesehatan. Habbatussauda ini memiliki bermacam khasiat bagi kesehatan manusia.

seharusnya seorang mukmin hendaklah meniru sifat- sifat seperti lebah. Makhluk kecil yang seringkali tidak kita perhatikan ternyata kita dapat mengambil banyak pelajaran seperti bekerja keras, tidak menyerang kalau tidak diganggu, tidak pernah merusak, dll.




Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Hadis Tarbawi (Manfaat Flora dan Fauna)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top