Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam di Indonesia)

Selengkapnya


Makalah Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam di Indonesia)

Makalah Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam di Indonesia)

BAB I
PENDAHULUAN

Perkembangan peradaban Islam di Indonesia tidak lepas dari campur tangan bangsa eropa yang saat itu menguasai hampir seluruh wilayah Indonesia, bangsa eropa datang ke Indonesia untuk menguasai perdagangan dengan menerapkan sistem monopoli.Dengan adanya campur tangan belanda dan sistem monopoli yang dilakukan, maka bangsa Indonesia menjadi geram dan menimbulkan banyak perlawan dari masyarakat Indonesia yang dipimpin oleh beberapa tokoh di daerah masing-masing.

Perlawanan semakin memanas terutama setelah belanda menerapkan sistem tanam paksa dan menetapkan pajak yang tinggi.Selain perlawanan secara fisik yang dilakukan oleh rakyat para ulama juga mendirikan organisasi-organisasi untuk melawan belanda secara Intelektual. Untuk lebih jelas mengenai peradaban Islam di Indonesia akan di bahas dalam makalah ini.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  Kedatangan Imperialisme Barat di Indonesia

Pada abad ke-16 mulai terdapat suasana baru diperairan indonesia. Selama berabad-abad perairan Nusantara hanya di layari oleh kapal-kapal dari indonesia dan Asia, seperti cina, pegu, Gujarat, Bengkala dll. Dan sejak abad-16 muncullah pelaut-pelaut dari Eropa. Kemajuan ilmu dan teknik pelayaran menyebabkan Eropa mampu berlayar ke perairan indonesia. 

B.  Keberadaan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia Ketika Belanda Datang

Menjelang kedatangan belanda di indonesia pada akhir abad 16 dan awal abad ke-17 keadaan kerajaan-kerajaan islam di indonesia tidaklah sama. Perbedaan tersebut bukan hanya berkenaan dengan politik, tetapi juga dalam proses pengembangan islam dikerajan-kerjaan tersebut. Misalnya di sumatra, penduduk sudah memeluk islam sekitar tiga abad. Sementara di Maluku dan sulawesi penyebaran agama islam baru saja berlangsung.

C.  Maksud dan Tujuan Kedatangan Belanda

Tujuan Kedatangan bangsa belanda di Indonesia pada mulanya didorong oleh keinginan mendapatkan rempah-rempah secara langsung di Indonesia, karena waktu itu dibarat mengalami kesukaran memperoleh rempah-rempah. Maka pada tahun 1506 bersandarlah empat buah kapal belanda di banten, tapi usaha pertama ini dapat dikatakan gagal, karena sifat sombong orang-orang belanda terhadap penduduk setempat, disamping itu juga orang-orang portugis tidak senang kedatangan belanda sebagai saingannya.
D.  Strategi Politik Belanda

Raja Mataram ( jawa) sultan Agung sejak semula sudah melihat bahwa Belanda adalah Ancaman. Pada tahun 1628 dan 1629, mataram dua kali melakukan serangan ke Batavia, tetapi gagal.Masuknya pengaruh belanda kepusat kekuasaan mataram adalah karena Amangkurat II (1677-1703) meminta bantuan VOC untuk memadamkan pemberontakan Trunojoyo, adipati madura, dan pemberontakan Kajoran. Pada masa Amangkurat III mataram menglami krisis, sementara Belanda .Belanda harus dibayar dengan wilayah dan konsesi dagang.

E.  Perlawanan Rakyat Terhadap Imperialisme Belanda

1.    Sultan Agung Mataram
2.    Sultan Iskandar Muda Mahkota  Alam Aceh
3.    Sultan Hasanudin Makasar
4.    Sultan Ageng Tirtayasa
5.    Raja Iskandar Minangkabau
6.    Trunojoyo Madura
7.    Karaeng Galesong dari Makasar
8.    Untung Surapati, Adipati Aria Jaya, Dll

Perlawanan-perlawanan, meliputi:

1.    Perang Padri di Minangkabau
2.    Pangeran Diponegoro
3.    Perang Banjarmasin
4.    Perang Aceh

F.   Peradaban Islam di Indonesia

1.    Sistem Birokrasi Keagamaan
2.    Peran Para Ulama dan Karya-Karyanya
3.    Corak Bangunan Arsitek
4.    Lembaga Pendidikan Islam

G. Organisasi-Organisasi Islam di Indonesia

1.    Al-Jami’at Al-Khairiyah
2.    Syarikat Islam (SI)
3.    Muhammadiyah 
4.    Nahdlatul Ulama (NU)
5.    Jam’iyatul Washliyah
6.    Al-Islah Wal Irsyad (Al-Irsyad Al-Islamiyyah)
7.    Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI)
8.    Persatuan Umat Islam (PUI)
9.    Persatuan Islam (PERSIS)

BAB III
PENUTUP

Simpulan 

Dalam perkembangannya bangsa Indonesia banyak mendapat rintangan baik dalam bidang Agama, Sosial dan Ekonomi.Hal itu disebabkan adanya Imperialisme barat yang ingin menguasai kekayaan alam bangsa ini serta menjadikan rakyat sebagai alat untuk mencapai tujuan mereka.Tetapi para ulama dan rakyat tidak tinggal diam dengan hai ini, mereka melakukan perlawanan agar terbebas dari kekangan bangsa belanda.

Saran 

Pembahasan dalam makalah yang kami susun ini memang jauh dari suatu kesempurnaan, maka dari itu kami mengharap kepada Pembaca makalah ini agar mencari refrensi dan buku bacaan yang mendukung terhadap pembahasan mengenai “Peradaban Islam di Indonesia” dan kami sangat mengharap saran dan kritikannya yang tak lain hal tersebut  kami butuhkan untuk memperbaiki makalah selanjutnya. Kami ucapkan terima kasih, semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.


Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Sejarah Peradaban Islam (Peradaban Islam di Indonesia)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top