Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Hadis Tarbawi (Metode Pendidikan Dalam Rumah Tangga)

Makalah Hadis Tarbawi (Metode Pendidikan Dalam Rumah Tangga)

Makalah Hadis Tarbawi (Metode Pendidikan Dalam Rumah Tangga)


BAB I
PENDAHULUAN


Tujuan dari makalah ini dalam berkeluarga membentuk akidah, ukhuwah islamiyah sebagai pondasi rumah tangga yang mendasar sebagai wujud penghambaan kepada Allah.

Pendidikan karakter merupakan pendidikan sangat penting bagi masyarakat terutama anak-anak. Orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama dalam pembentukan karakter, karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga sehingga pendidikan yang banyak diterima anak dalam keluarga.

Dan dalam makalah ini akan dibahas mengenai metode pendidikan dalam rumah tangga dan penulis berharap supaya pembaca dapat mengetahui cara atau metode pembelajaran dalam keluarga yang bertujuan untuk membentuk karakter kepribadian yang baik agar terhindar dari hal-hal atau perbuatan tercela.

BAB II
PEMBAHASAN


A.    Pengertian

B.    Teori Pendukung

Berdasarkan Al- Qur’an dan As-sunnah, kita dapat mengatakan bahwa tujuan terpenting dari pembentukan keluarga adalah hal- hal berikut.

Pertama, mendirikan syariat Allah dalam segala permasalahan rumah tangga.

Kedua, mewujudkan ketentraman dan ketenangan psikologis

Ketiga, mewujudkan Sunnah Rasulullah dengan melahirkan anak-anak shaleh sehingga umat manusia merasa bangga dengan kehadiran kita.

Keempat, memenuhi kebutuhan cinta- kasih anak-anak

Kelima, menjaga fitrah anak agar tidak melakukan penyimpangan- penyimpangan. 

Jika kata metode tersebut dikaitkan dengan pendidikan karakter, dapat membawa arti metode sebagai jalan untuk menanamkan karakter pada diri seseorang sehingga terlihat dalam pribadi objek sasaran, yaitu pribadi yang berkarakter. untuk menanamkan karakter pada diri anak ada beberapa metode yang bisa digunakan, antara lain :

a.      Metode internalisasi
b.     Metode keteladanan
c.      Metode pembiasaan
d.     Metode bermain
e.      Metode cerita
f.      Metode nasehat
g.     Metode penghargaan dan hukuman

C.    Materi Hadis

حدثنا إسحاق بن أبي إسرائيل قال حدثنا النضر بن علقمة أبو المغيرة عن داود بن علي عن أبيه عن بن عباس : { أن النبي صلى الله عليه و سلم أمر بتعليق السوط في البيت } (رواه البخارى فى الأدب المفرد, باب تعبيق السوط فى البيت : 1229 ) [ ص 422 ] قال الشيخ الألباني : صحيح


Terjemahan:

Diceritakan kepada kami ishak ibn abi israil. Menceritakan kepada saya nadhor ibn al qomah bapaknya mughiroh dari abu daud ibn ali dari bapaknya Dari Ibnu Abbas ra, sesungguhnya Nabi Saw, menyuruh untuk menggantungkan cemeti (cambuk) di rumah. (HR Bukhari).

D.   Hadis Pendukung

عَلِّقُواالسَّوْطَ حَيْثُ يَرَاهُ اَهْلُ البَيتِ فَإِ نَّهُ اَدَ بُ لَهُمْ

Gantunglah cambuk di mana bisa dilihat oleh anggota keluarga, karena ia lebih mendidik mereka.

وَ الَّتِي تَخَا فُوْ نَ نُشُوْ زَ هُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَ اهْجُرُ وْ هُنَّ فِي الْمَضَا جِعِ وَ اضْرِ بُو هُنَّ

" Wanita- wanita yang kamu khawatirkan nusyuz ( meninggalkan kewajiban bersuami isteri ) nya maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka dan pukullah mereka “ ( An- Nisa : 34 )

مُرُ وْا أَ وْ لَا دَ كٌمْ بِا الصَّلاَ ةِ وَ هُمْ أَ بْنَا ءُ سَبْعِ  سِنِيْنَ وَ اضْرِ بُوْ هُمْ عَلَيْهَا وَ هُمْ أَ بْنَا
 ءَ عَشْرٍ
“ Peliharalah anak-anakmu melakukan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah karena meninggalkannya ketika mereka berumur sepuluh tahun”

E.    Refleksi hadis dalam kehidupan

Di dalam rumah tangga, itu sangatlah penting terutama mengenai kebutuhan. Keharusan untuk menyiapkan kebutuhaan-kebutuhan keluarga adalah kepala rumah tangga itu sangat penting.  Sang suami sebagai kepala rumah tangga dalam kebutuhan keluarganya sepenuh hati bersyukur.

Dalam rumah tangga seorang kepala keluarga seharusnya mengajarkan keluarganya tentang kewajiban-kewajiban agama yang di bahas dalam kitab-kitab tentang hukum islam, etika islami, dan dalam risalah para ulama.

F.     Aspek Tarbawi

1.     Kedua orang tua harus memiliki rasa tanggung jawab  dalam mendidik anaknya.
2.     Dapat menjadi contoh yang baik didalam keluarga
3.     Dalam mendidik anak memberikan nasehat yang baik kepada anaknya.
4.     Sebagai orang tua harus bijak dalam menghadapi permasalahan anaknya.
5.     Sebagai orang tua memberikan motivasi ( dorongan ) untuk berbuat baik.

BAB III
PENUTUP


Metode berasal dari dua perkataaan, yaitu meta dan hodos. Meta berarti melalui dan hodos berarti jalan atau cara.

Keluarga adalah bagian dari tiga institusi pendidikan selain sekolah Rumah keluarga muslim adalah benteng utama tempat anak-anak dibesarkan melalui pendidikan islam. Yang di maksud dengan keluarga muslim adalah keluarga yang mendasarkan aktivitasnya pada pembentukan keluarga yang sesuai dengan syariat islam.

Metode- metode dalam membentuk karakter antara lain internalisasi, keteladanan, pembiasaan,bermain,cerita, Nasihat, penghargaan dan Hukuman.

Hadis di atas menerangkan bahwa perintah Rasulullah kepada kita untuk menggantungkan cemeti di dalam rumah, hadits tersebut bukan bermaksud agar orang tua saling memukul anggota keluarganya.


Selengkapanya

Download Makalah Hadis Tarbawi (Metode Pendidikan Dalam Rumah Tangga)






Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Hadis Tarbawi (Metode Pendidikan Dalam Rumah Tangga)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top