Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Psikologi Agama (Agama dan Psikoterapi)

Selengkapnya
Download Makalah Psikologi Agama (Agama dan Psikoterapi)

Link Download Power Point

Download Makalah Lain :

Makalah Analisis Terhadap Psikologi Agama

Makalah Kebutuhan Agama

Makalah Problematika Moral dalam Era Globalisasi


Makalah Psikologi Agama (Agama dan Psikoterapi)

Makalah Psikologi Agama (Agama dan Psikoterapi)


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Agama

Secara umum, agama (bahasa Indonesia) dapat disejajarkan dengan religion (bahasa Inggris), dan al-din (bahasa Arab). Menurut W.J.S. Poerwadarminto, agama adalah segenap kepercayaan (kepada Tuhan, Dewa, dan sebagainya) serta dengan kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan itu.

“Agama (umum), manusia mengakui dalam agama adanya Yang Suci (The Sacred) ; manusia itu insaf, bahwa ada satu kekuasaan yang memungkinkan dan melebihi segala yang ada. Kekuasaan inilah yang dianggap sebagai asal atau Khaliq segala yang ada. Tentang kekuasaan ini bermacam-macam bayangan yang terdapat dalam manusia, demikian pula cara membayangkannya. 

Menurut para ahli ilmu jiwa, agama dipahami sebagai berikut:
1.      Frazer : mendefinisikan agama sebagi upaya mencari keridhoan atau kekuatan yang lebih tinggi dari manusia.
2.      James Martineue: agama adalah kepercayaan kepada yang hidup abadi, dimana diakui baha dengan pikiran dan kemauan Tuhan, alam ini diatur dan kelakuan manusia diperbuat.
3.      Mattegart : agama adalah suatu keadaan jiwa, atau lebih tepat keadaan emosi yang berdasarkan kepercayaan akan keserasian diri kita dengan alam semesta.
4.      Prof. Dr. Zakiah Daradjat : agama adalah proses hubungan manusia yang dirasakan terhadap sesuatu yang diyakininya, bahwa ada sesuatu yang lebih tinggi dari manusia.
Dari beberapa pendapat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa hakekat dari makna terdalam agama itu adalah “ketundukan” atau “ikatan” (a binding), seperti asal kata agama itu sendiri: religere, maksudnya “ketundukan / keterikatan pada Yang Absolut.”.

B.     Pengertian Psikoterapi

Istilah Psikoterapi (Psychotherapy) mempunyai pengertian cukup banyak dan kabur, terutama karena istilah tersebut digunakan dalam berbagai bidang operasional ilmu empiris seperti psikiartri, psikologi, bimbingan dan penyuluhan, kerja sosial, pendidikan dan ilmu agama. Secara harfiah Psikoterapi berasal dari kata psycho = jiwa, dan therapy = penyembuhan. Jadi, psikoterapi sama dengan penyembuhan jiwa. 

Yang dimaksud dengan psikoterapi adalah pengobatan alam pikiran atau lebih tepatnya pengobatan alam psikis melalui metode psikologi. Dari pengertian tersebut dapat diambil suatu pemahaman bahwa psikoterapi dipandang sebagai upaya kuratif dalam pengobatan orang yang sakit jiwa. 





Baca Makalah Lain :






Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Psikologi Agama (Agama dan Psikoterapi)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top