Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Akhlak (Kaidah-Kaidah Dalam Moralitas)

Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Akhlak (Kaidah-Kaidah Dalam Moralitas)

Makalah Akhlak (Kaidah-Kaidah Dalam Moralitas)

BAB I
PENDAHULUAN

Secara garis besar makalah ini akan diuraikan mengenai kaidah dasar moral dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak perbuatan manusia berkaitan dengan baik atau buruk, etis atau tidak etis, tetapi ada juga perbuatan yang netral.

Disini dibicarakan mengenai persoalan yang bersifat etis atau moral dan bukanya persoalan teknis atau intelektual semata-mata, apabila keputusan yang diambil menyangkut suatu pilihan antara beberapa nilai yang dikaitkan pada dasar kemanusiaan.

Dalam makalan ini akan dibahas mengenai kaidah dasar moral yang meliputi Pertanyaan Dasar, Dua Kaidah Dasar Moral, Landasan Kaidah Dasar, dan Ketuhanan sebagai kaidah Dasar.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Kaidah Dasar Moralitas

1. Pertanyaan Dasar
   Ada 3 pertanyaan dasar Etika, yaitu :
            a. Apakah yang benar
            b. Apakah yang baik
            a. Apakah yang adil

2. Dua Kaidah Dasar Moral
            a. Kaidah Sikap Baik
            b. Kaidah keadilan

3. Landasan Kaidah Dasar           
            a. Kaidah sikap baik
            b. Kaidah keadilan

1)      Nilai dari apa saja yang ada
2)      Nilai tak terhingga dari setiap makhluk berakal budi.

B. KETUHANAN SEBAGAI KAIDAH DASAR

1.      Postulat dalam Etika
2.      Kita lihat Kutipan Pendapat di Bawah Ini :
a.       Aurelius Agustinus (Wafat : 430).
b.      Immanuel Kant (1724-1804)
c.       John Henry Newman (Abad : 19)
d.      Max Sceler

BAB IV
PENUTUP

A. Kesimpulan

Moralitas adalah batatasan kualitas dalam tindakan manusia. Dengan batasan tersebut seseorang dapat membedakan baik dan buruknya atau benar dan salahnya suatu perbuatan.

Dalam Etika ada tiga pertanyaan dasar, yaitu manusia itu meliputi apakah yang benar, yang baik dan yang adil? Dalam pembahasanya manusia disebut etis merupakan manusia yang secara utuh dan menyeluruh mampu memenuhi hajat hidupnya dalam rangka asas keseimbangan antara kepentingan pribadi dengan sosialnya, antara rokhani dan jasmaninya dan antara sebagai mahkluk berdiri sendiri dan sang Kholiknya.

Sedangkan dua kaidah dasar moral itu meliputi kaidah sikap baik, dan kaidah keadilan. Dua kaidah dasar tersebut memiliki landasan yang membawa keluar bidang etika.

Ketuhanan sebagai kaidah dasar yang merupakan dasar dari seluruh kesusilaan. Jadi ada 3 kaidah dasar moral yang pokok yaitu kaidah sikap baik, keadilan dan ketuhanan.

Demikian uraian tentang kaidah-kaidah dasar dalam moralitasyang didalamnya memuat kaidah-kaidah dasar moral dalam kehidupan sehari-hari.

B.Saran

Demikian makalah ini kami susun juga telah kami uraikan  secara singkat dan sederhana mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca semua.

Apabila dalam makalah ini banyak terjadi kesalahan itu merupakan kekurangan dari kami, maka kritik dan saran pembaca sangat kami harapkan  guna membangun dan memperbaiki makalah ini selanjutnya agar lebih sempurna.





Baca Makalah Lain :





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Akhlak (Kaidah-Kaidah Dalam Moralitas)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top