Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Psikologi Agama (Peran Kecerdasan Emosi dalam Perspektif Psikologi Agama)

Selengkapnya


Link Download Power Point


Makalah Psikologi Agama (Peran Kecerdasan Emosi dalam Perspektif Psikologi Agama)

Makalah Psikologi Agama (Peran Kecerdasan Emosi dalam Perspektif Psikologi Agama)

BAB I
PENDAHULUAN

Kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang sangat diperlukan untuk berprestasi. Sehingga dalam kecerdasan emosional ini kita memerlukan berbagai keterampilan – keterampilan yang berhubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosional juga mengacu kepada kemampuan untuk memahami, mengelola, mengontrol, dan menyikapi pengetahuan – pengetahuan emosional yang terjadi pada diri sendiri dan orang lain.  Dalam perspektif psikologi agama kecerdasan emosional mempunyai peran penting dalam kesuksesan meraih prestasi dan bekerja.

Kecerdasan emosional mempunyai 5 kecakapan emosi, yaitu : kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain. Kecakapan emosi kita menunjukan brapa banyak potensi itu yang telah kita terjemahkan ke dalam kemampuan di tempat kerja. Apabila kita hanya memiliki kecerdasan emosi yang tinggi tidak mungkin kita akan bisa mencapai kecakapan emosi dengan baik.

Dalam makalah ini, penulis akan memaparkan sub-bab sebagai berikut :

a. Pengertian kecerdasan emosioanal
b. Ciri – ciri pikiran emosional
c. Pentingnya kecerdasan emosioanal
d. Kecakapan emosional

BAB II
PEMBAHASAN

A. Definisi Kecerdasan Emosional (EQ)

B. Ciri – Ciri Kecerdasan Emosional

C. Peran Kecerdasan Emosional        

D. Kecakapan Emosional

1.      Kesadaran diri
2.      Pengaturan diri
3.      Motivasi
4.      Empati
5.      Keterampilan social
                          
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional sangat berpengaruh dalam kemampuan untuk memahami, mengenali, merasakan, mengelola, dan memimpin perasaan diri sendiri dan orang lain serta mengaplikasikannya dalam kehidupan pribadi dan social.

Peran IQ dalam keberhasilan di dunia kerja hanya menempati posisi kedua sesudah kecerdasan emosional dalam menentukan peraihan prestasi puncak dalam pekerjaan. EQ membantu manusia untuk menentukan kapan dan di mana ia bisa mengungkapkan perasaan dan emosinya. EQ juga membantu manusia mengarahkan dan mengendalikan emosinya.

Kecerdasan emosional mempunyai 5 dimensi kecakapan emosional, yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, keterampilan sosial.



Baca Makalah Lain :





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Psikologi Agama (Peran Kecerdasan Emosi dalam Perspektif Psikologi Agama)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top