0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Aksiologi Filsafat Pendidikan Islam)

Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Aksiologi Filsafat Pendidikan Islam)

BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan dan kehidupan manusia merupakan dua hal identik yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Hubungan keduanya ibarat tubuh dengan jiwa manusia. Kehidupan manusia digerakkan oleh pendidikan menuju tujuan hidup yang didambakan.

Dengan pendidikan, manusia memperoleh wawasan pengetahuan dari mana asal usul kehidupan dan kejelasan orientasi kehidupannya. Tanpa pendidikan, bisa dipastikan manusia akan kehilangan ruh penggerak kehidupannya. Oleh karena itu pengetahuan kita mengenai filsafat pendidikan menjadi penting untuk dikaji dari berbagai dimensi,

Dalam makalah ini akan diuraikan tentang filsafat pendidikan dalam dimensi atau kajian aksiologi yang termasuk didalamnya studi tentang nilai-nilai dalam pendidikan. Semoga bermanfaat.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Aksiologi

B.     Hakikat Makna Nilai

1.      Nilai jasmani 
2.      Nilai rohani 

C.    Bentuk dan Tingkatan Nilai

1.      Nilai intrinsik 
2.      Nilai instrumental 

Dilihat dari segi orientasi sistem nilai, nilai dibedakan menjadi:

1.      Nilai etis (nilai baik buruk)
2.      Nilai pragmatis (berhasil gagalnya sesuatu)
3.      Nilai efek sensorik (menyenangkan atau menyedihkan)
4.      Nilai religius (dosa dan pahala, halal dan haram)

Pembagian Nilai :

1.      Nilai Formal
a)      Nilai sendiri
b)      Nilai turunan

2.      Nilai Material
a)      Nilai Rohani
b)      Nilai Jasmani 

D.    Sumber Nilai Dalam Kehidupan Manusia

1.      Nilai Ilahi
a)      Segi normatif 

b)      Segi Operatif 
1)      Fardhu atau wajib
2)      Sunnah
3)      Mubah
4)      Makruh
5)      Haram

2.      Nilai Insani
a)      Evolusi
b)      Revolusi

BAB III
PENUTUP

Aksiologi atau nilai pada hakikatnya adalah konsepsi-konsepsi abstrak dalam diri manusia atau masyarakat, mengenai hal-hal yang dianggap baik, benar dan hal-hal yang dianggap buruk dan salah.
Pendidikan pada tahap selanjutnya merupakan proses transformasi nilai, yang cenderung bersifat positif dan penuh makna kebaikan. Nilai selalu terserap dalam lapangan pendidikan. Pendidikan akan dapat menguji dan mengintegrasikan semua nilai di dalam kehidupan manusia dan membimbingnya didalam kepribadian anak.



Lihat Makalah Lin :




Post a Comment

 
Top