Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Filsafat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian Kapitalis dan Komersialisme Pendidikan)

Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Filsafat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian Kapitalis dan Komersialisme Pendidikan)

Makalah Filsafat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian Kapitalis dan Komersialisme Pendidikan)


BAB I
PENDAHULUAN

Bagaimanapun Sempitnya pengertian pendidikan, namun masalah pendidikan merupakan masalah yang berhubungan langsung dengan hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan merupakan usaha dari manusia dewasa yang telah sadar akan kemanusiaannya, dalam membimbing, melatih, mengajar dan menanamkan nilai-nilai serta dasar-dasar pandangan hidup kepada generasi muda, agar nantinya menjadi manusia yang sadar dan bertanggung jawab akan tugas-tugas hidupnya sebagai manusia, sesuai dengan sifat hakikat dan ciri-ciri kemanusiaannya. Dan pendidikan formal disekolah hanyalah bagian kecil saja dari padanya, tapi merupakan inti dan tidak bisa lepas kaitannya dengan proses pendidikan secara keseluruhan. Bahkan pendidikan juga menghadapi persoalan-persoalan tidak mungkin di jawab dengan menggunakan analisa dan pemikiran yang mendalam yaitu analisa filsafat.

BAB II
PEMBAHSAN

Masalah pendidikan, adalah merupakan masalah hidup dan kehidupan manusia. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia, bahkankeduanya pada hakikatnya adalah proses yang satu.

1.      Kapitalisme Pendidikan

Kapitalisme muncul setelah feodalisme runtuh dengan secara garis besar terbagi menjadi tiga fase
1.      Kapitalisme Awal ( 1500 – 1750 ).
2.      Kapitalisme Klasik ( 1750 – 1914 ).
3.      Kapitalisme Lanjut ( 1914 – sekarang ).

a. Kapitalisme Terhadap Pendidikan Di Indonesia
b. Privatisasi dan Komiditasi Pendidikan Sebagai Dampak Globalisasi Kapitalisme
c. Kapitalime dan Filsafat

2.      Komersialisme Pendidikan

a. Masalah pendidikan Islam memasuki abad ke 21
b. .Masalah dikotomi dalam sistem pendidikan Islam
c. Masalah lemahnya semangat


BAB III
PENUTUP

Dengan demilian dapat ditekankan bahwa filsafat tidakdipisahkan dengan pendidikan, sebab filsafat itu merupakan jiwa bagi pendidikan. Dalam arti yang sempit, pendidikan hanya mempunyai fungsterbatas, yaitu memberikan dasar-dasar dan pandangan hidupkkepada generasi yang sedang tumbuh, yang dalam prakteknya identik pendidikan formal di sekolah dan dalam situasi dan kondisi lingkungan belajar yang serba terkontrol. Bagaimanapun luaspengertian pendidikan, namun masalah pendidikan adalahnmerupakan masalah yang berhubungan langsung dengan hidup dan manusia.



Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Filsafat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian Kapitalis dan Komersialisme Pendidikan)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top