Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Ilmu Akhlak (Etika Politik, Etika Hukum, Etika Profesi, dan Etika Religi)

Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Ilmu Akhlak (Etika Politik, Etika Hukum, Etika Profesi, dan Etika Religi)

Makalah Ilmu Akhlak (Etika Politik, Etika Hukum, Etika Profesi, dan Etika Religi)

BAB I
PENDAHULUAN


Kehidupan manusia itu memerlukan moral. Tanpa moral kehidupan manusia tidak mungkin berlangsung. Manusia mengatur kehidupannya dengan berbagai etika, salah satu etika yang terpenting dalam kehidupan manusia adalah etika moral. Namun etika moral saja tidak cukup, oleh karenanya masyarakat menciptakan etika hukum. Bagaimanapun, kehidupan manusia ini membutuhkan etika-etika, baik etika religi, etika politik, etika profesi dan etika hukum.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  Etika Politik

B.  Etika Hukum

C.  Etika Profesi

D.  Etika Religi

E.  Hubungan dan Aplikasinya dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Etika  politik sebagai tata krama dalam melakukan aktivitas politik. Dimensi moral dalam berpolitik, seperti sikap ksatria, elegant, fairness, penuh kesantunan, dan memegang amanah. Hukum sendiri sebagai peraturan tidak menghiraukan sikap batin manusia, sejauh sikap itu tidak merintangi perbuatan lahiriah dalam pelaksanakan hokum, baiknya ada etika yang mengimbanginya. Sedangkan etika profesi adalah suatu masyarakat etika (moral communtiy) yang memiliki cita-cita dan nilai-nilai bersama. Kemudian  etika religius adalah suatu konsep etika yang keputusan etiknya diambil berdasarkan Al-quran, Sunnah, konsep-konsep teologis, kategori-kategori filsafat dan tasawuf.

Dalam politik moral, maka kekuasaan politik bukan tujuan akhir, tetapi alat perjuangan dari cita-cita morsl dan kemanusiaan. Tujuan kekuasaan yang hendak dicapainya, tidak menghalalkan segala cara, tetapi ditentukan oleh cara-cara yang bijak yang dibenarkan oleh moralitas kemanusiaan dan kepatutan sosial, serta berdasarkan etika hukum, etika profesi, dan etika religi.


B.     Saran

Dalam pengumpulan materi pembahasan diatas tentunya kami banyak mengalami kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu hendaknya pembaca memberikan tanggapan dan tambahan terhadap makalah kami. Sebelum dan sesudahnya kami haturkan banyak terimakasih.




Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Ilmu Akhlak (Etika Politik, Etika Hukum, Etika Profesi, dan Etika Religi)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top