0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point



Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Aliran Esensialisame dan Rekonstruksionisme)

Makalah Filsafat Pendidikan Islam (Aliran Esensialisame dan Rekonstruksionisme)

BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan suatu proses pemindahan ilmu dari satu generasi ke generasi selanjutnya dalam rangka pelestarian kebudayaan. Oleh karena itu sebuah pendidikan harus selalu dinamis dalam mencapai tujuannnya. Seiring dengan itu, maka dalam menerapkan suatu sistem dalam pendidikan harus sejalan dengan dinamika manusia dan masyarakatnya. Sejak dulu sampai sekarang sering kita rasakan perkembangan dari pendidikan dengan adanya perubahan kurikulum yang dilaksanakan dalam sebuah sekolah. Hal ini memang diperlukan agar pendidikan dapat sesuai dengan perkembangan sosial budaya dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pemikiran-pemikiran pendidikan dalam rangka pengembangannya  berlangsung seperti sebuah diskudi. Pemikiran-pemikiran terdahulu selalu ditanggapi pro dan kontra oleh pemikiran-pemikiran berikutnya. Dan karena diskusi tersebut maka akan melahirkan pemikiran-pemikiran baru dan demikian seterusnya.

Dalam makalah ini akan dikaji tentang aliran esensialisme dan aliran rekontruksionisme baik dari segi latar belakang, ontologi, epistemologi, aksiologi dan pandangannya terhadap pendidikan.

BAB II
PEMBAHASAN

A. ALIRAN ESENSIALISME

1.      Latar Belakang Munculnya Aliran Esesnsialisme
2.      Hakikat Aliran Esensialisme
3.      Tokoh-tokoh Aliran Esensialisme

a.       Desiderius Erasmus
b.      Johan Amos Comenius
c.       John Locke
d.      Johan Henrich Pestalozzi
e.       Johan Friederich Frobel
f.       Johan Friederich Herbert
g.      William T Harris

4.      Pandangan Ontologi Esesnsialisme
5.      Pandangan Epistemologi Esensialisme
6.      Pandangan Aksiologi Esensialisme
7.      Prinsip-prinsip Pendidikan Esensialisme
8.      Prinsip-prinsip Kurikulum Esensialisme

B. ALIRAN REKONTRUKSIONISME

1.      Latar Belakang Aliran Rekontruksionisme
2.      Ontologi Aliran Rekontruksionisme
3.      Epistemologi Aliran Rekontruksionisme
Dasar filosofis rekontruksionisme:
a.       Pragmatisme
b.      Nepotivisme
c.       Macam –macam aliran rekontruksionisme
1)      Rekontruksionisme Sosial (oleh George S. Counths)
Dalam pendekatan ini terdapat dua aliran yakni yang bersifat:
·         Adaptif
·         Reformis
2)      Rekontruksionisme Radikal (oleh John Dewey)
4.      Aksiologi Aliran Rekontruksionisme
5.      Pandangan Aliran Rekontruksionisme Tentang Pendidikan
6.      Pandangan  Aliran Rekontruksionosme Tentang Belajar

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Aliran esensialisme merupakan aliran yang ingin kembali kepada kebudayaan-kebudayaan lama warisan sejarah yang telah membuktikan kebaikan-kebaikannya bagi kehidupan manusia. Dasar aliran esensialisme adalah pandangan humanisme yang merupakan reaksi terhadap hidup yang mengarah pada keduniawian serba ilmiah dan materialistik, selaini tu juga dipengaruhi pandangan dari penganut idealisme dan realisme. Tujuan umum dari aliran esensialisme adalah membentuk pribadi bahagia dunia dan akhirat dan isi pendidikannya mencakup ilmu pengetahuan, kesenian dan segala hal yang mampu mengarahkan kehendak manusia.

Munculnya aliran rekontruksionsime didorong oleh adanya suatu tuntutan yang menghendaki agar sekolah berperan mengambil bagian dalam membangun masyarakat masa depan. Rekontruksionisme adalah suatu aliran yang berusaha mencari kesepakatan tentang tujuan utama yang dapat mengatur tata kehidupan manusia dalam tata susunan baru seluruh lingkungannya, dengan kata lain rekontruksionisme ingin merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang sama sekali baru melalui lembaga dan proses pendidikan.

B.     KRITIK DAN SARAN

Dalam penyusunan makalah ini penulis menyadari masih banyak sekali kekurangannya. Harapan penulis semoga makalah ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai tambahan informasi. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.




Baca Makalah Lain :




Post a Comment

 
Top