Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Media Belajar Mengajar)

Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Media Belajar Mengajar)


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Media Belajar Mengajar)


BAB I
PENDAHULUAN

Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif yang terjadi antara guru dan anak didik. Pembelajaran akan bernilai edukatif apabila kegiatan pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar melakukan kegiatan pembelajaran secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran.

Harapan yang tidak pernah sirna dan selalu guru tuntut adalah bagaimana bahan pelajaran yang disampaikan guru dapat dikuasai anak didik secara tuntas. Ini merupakan masalah yang cukup sulit yang dirasakan oleh guru. Kesulitan itu dikarenakan anak didik bukan hanya sebagai individu dengan segala keunikannya, tetapi mereka juga sebagai makhluk sosial dengan latar belakang yang berbeda.

Keluhan-keluhan guru sering terlontar hanya karena masalah sukarnya mengelola kelas. Akibat kegagalan guru mengelola kelas, tujuan pengajaran pun sukar untuk dicapai. Hal ini kiranya tidak perlu terjadi, karena usaha yang dapat dilakukan masih terbuka lebar. Salah satu caranya adalah dengan meminimalkan jumlah anak didik di kelas. Di samping itu juga, perlu memanfaatkan beberapa media pendidikan yang telah ada dan mengupayakan pengadaan media pendidikan baru demi terwujudnya tujuan bersama.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Media Belajar Mengajar

B.     Ciri-Ciri Media Belajar Mengajar

1.      Ciri fiksatif (fixative property)
2.      Ciri manipulatif (manipulative property)
3.      Ciri distributif (distribution property)

C.    Kedudukan Media Belajar Mengajar

D.    Syarat-syarat Media Belajar Mengajar

E.     Klasifikasi dan Macam-macam Media Belajar Mengajar

F.     Prinsip-prinsip Pemilihan dan Penggunaan Media

G.    Kegunaan Media Belajar Mengajar

BAB III
PENUTUP

Media pembelajaran perlu digunakan oleh guru dalam rangka untuk memudahkan siswa menerima materi (isi) pelajaran yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, pemilihan media yang tepat sangat diperlukan agar tidak menjadikan anak didik justru menjadi tambah bingung, atau bahkan hanya memperhatikan media yang digunakan tanpa dapat menyerap isi materi yang disampaikan oleh guru.

Berbagai macam media dapat digunakan oleh guru, dari yang tradisional hingga kepada media yang sifatnya modern. Dengan catatan bahwa media yang digunakan harus disesuaikan dengan materi pelajaran, sasaran penyampaian materi serta kondisi di mana materi tersebut disampaikan.

Demikian makalah yang dapat kami susun, tentunya banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Sehingga kritik dan saran dari para pembaca sangat kami butuhkan.





Baca Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Strategi Belajar Mengajar (Media Belajar Mengajar)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top