0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Strategi Belajar Mengajar (Evaluasi Keberhsilan Belajar Mengajar)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Evaluasi Keberhsilan Belajar Mengajar)

BAB I
PENDAHULUAN

Sebagai seorang guru harus mengetahui kondisi proses belajar mengajar dan juga kondisi siswanya.  Dalam proses belajar mengajar guru harus peka terhadap keberhasilan yang dicapai oleh siswanya, keberhasilan siswa dapat di ketahui dengan cara mengevaluasi dengan memberikan tes pada awal pembelajaran atau tes diakhir pembelajaran.

Untuk menyatakan bahwa suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil, setiap guru memiliki pandangan masing-masing sejalan dengan filsafatnya. Namun untuk menyamakan persepsi sebaiknya kita berpedoman pada kurikulum yang berlaku saat ini yang telah disempurnakan, antara lain bahwa “Suatu proses belajar mengajar tentang suatu bahan pengajaran dinyatakan berhasil apabila tujuan instruksional khusus (TIK)-nya dapat tercapai”.

Ada beberapa cara dalam mengevaluasi dan mengukur tingkat keberhasilan belajar mengajar siswa. Dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana cara mengevaluasi dan mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan belajar mengajar tersebut.

BAB II
PEMBAHASAN


1.        PENGERTIAN EVALUASI BELAJAR MENGAJAR

A.   Pengertian Evaluasi

B.   Manfaat Evaluasi

1.    Manfaat Bagi Siswa

a)    Hasil Evaluasi Tidak Memuaskan
b)   Hasil Evaluasi Memuaskan

2.    Manfaat bagi pendidik(Guru)

a)    Keadaan Siswa
b)   Keadaan materi pengajaran
c)    Keadaan metode pengajaran

3.    Manafaat Bagi Pembimbing/Penyuluh

4.    Manfaat Bagi Sekolah

5.    Manfaat Bagi Orang Tua Siswa

C.   Tujuan Evaluasi

D.  Fungsi-Fungsi  Evaluasi Dalam  Proses Belajar Mengajar

E.   Prinsip-Prinsip  Evaluasi

1)   Keterpaduan
2)   Keterlibatan Siswa
3)   Koherensi
4)   Paedagogis
5)   Akuntabilitas

2.        KEBERHASILAN BELAJAR MENGAJAR

A.    Pengertian Keberhasilan

B.    Indikator Keberhasilan

C.    Penilaian Keberhasilan

a)   Tes formatif
b)   Tes subsumatif
c)   Tes sumatif

D.    Tingkat Keberhasilan

E.     Program Perbaikan

F.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan

BAB III
KESIMPULAN

Dari penjabaran makalah di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengevaluasian menentukan keberhasilan belajar mengajar siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar, yakni diantaranya: tujuan, guru, anak didik, kegiatan pengajaran, bahan dan alat evaluasi, dan suasana evaluasi.

Keberhasilan atau kegagalan dalam proses belajar mengajar sebuah ukuran atas proses pembelajaran. Apabila merujuk pada rumusan  operasioal keberhasilan belajar, maka belajar dikatakan berhasil apabila diikuti ciri-ciri: (1) Daya serap terhadap bahan pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok, (2) Perilaku yang diajarkan yang digariskan dalam tujuan pengajaran/instruksional khusus telah dicapai oleh siswa, baik secara individual maupun kelompok, dan (3) terjadinya proses pemahaman materi yang secara sekuensial “sequencial” mengantarkan materi tahap berikutnya. Namun demikian, indikator yang banyak dipakai sebagai tolak ukur keberhasilan adalah daya serap.



Lihat Makalah Lain :





Post a Comment

 
Top