0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Umpan Balik atau Feedback)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Umpan Balik atau Feedback)

Download Makalah Lin :

Makalah Problematika Moral di Era Globalisasi [Download]

Makalah Pengaruh Psikologi Agama Terhadap Perilaku Peserta Didik [Download]

Makalah Antara Pengajar, Pendidik, dan Pembelajaran [Download]

BAB I
PENDAHULUAN

Suatu realita sehari-hari, di dalam suatu ruang kelas ketika sesi kegiatan belajar-mengajar (KBM) berlangsung, nampak beberapa atau sebagian besar peserta didik belum belajar sampai pada tingkat pemahaman. peserta didik baru mampu mempelajari fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan gagasan inovatif lainnya pada tingkat ingatan, mereka belum dapat menggunakan dan menerapkannya secara efektif dalam pemecahan masalah sehari-hari yang kontekstual. Ini terjadi karena, guru belum optimal memberdayakan tambang emas potensi masing-masing peserta didik yang sering kali tersembunyi.

Kalau masalah ini dibiarkan dan berlanjut terus, lulusan sebagai generasi penerus bangsa akan sulit bersaing dengan lulusan dari negara-negara lain. Lulusan yang diperlukan tidak sekedar yang mampu mengingat dan memahami informasi tetapi juga yang mampu menerapkannya secara kontekstual melalui beragam kompetensi. Inti dari paparan materi ini adalah untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara optimal sesuai dengan potensi dan kebutuhan peserta didik, keadaan sekolah dan tuntutan kehidupan di masa depan. Informasi yang disajikan diharapkan dapat membantu mengembangkan gagasan tentang penyediaan strategi mengajar yang mengacu pada pencapaian kompetensi individual masing-masing peserta didik. 

Kegiatan Belajar-Mengajar adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang memadukan secara sistematis dan berkesinambungan kegiatan pendidikan di dalam lingkungan sekolah dengan kegiatan pendidikanyang dilakukan di luar lingkungan sekolah dalam wujud penyediaan beragam pengalaman belajar untuk semua peserta didik.

Pada permasalahan ini ada salah satu teknik yang mendukung yaitu umpan balik yang mana umpan balik ini akan kami bahas, pengertian umpan balik, bagaimana teknik-teknik mendapatkan umpan balik, diantaranya dengan memancing apersepsi peserta didik, memanfaatkan teknik alat bantu akseptabel, dan menggunakan metode yang bervariasi.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Umpan Balik

B.       Tujuan Umpan Balik

C.       Fungsi Umpan Balik

1.         Fungsi Informasional
2.         Fungsi Motivasional
3.         Fungsi Komunikasional

D.      Teknik Mendapatkan Umpan Balik

1.         Memancing Apersepsi Anak Didik
2.         Memanfaatkan Taktik Alat Bantu yang Akseptabel

a.         Audio Visual
b.        Visualilasi Verbal
c.         Audio Verbal

3.         Memilih Bentuk Motivasi yang Akurat

a.         Memberi Angka
b.        Hadiah
c.         Pujian
d.        Gerakan Tubuh
e.         Memberi Tugas
f.         Memberi Ulangan
g.        Mengetahui Hasil
h.        Hukuman
4.        Menggunakan Metode yang Bervariasi




Baca Makalah Lain :


Post a Comment

 
Top