Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Sejarah Peradaban Islam (Masuknya Islam Di Nusantara)

akalah Sejarah Peradaban Islam (Masuknya Islam Di Nusantara)

Download Makalah Sejarah Peradaban Islam (Masuknya Islam Di Nusantara)


BAB I
PENDAHULUAN

Pada tahun 30 Hijrih atau 651 Masehi, hanya berselang sekitar 20 tahun dari wafatnya Rasulullah SAW, Khalifah Utsman ibn Affan RA mengirim delegasi ke Cina untuk memperkenalkan Daulah Islam yang belum lama berdiri. Dalam perjalanan yang memakan waktu empat tahun ini, para utusan Utsman ternyata sempat singgah di Kepulauan Nusantara. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 674 M, Dinasti Umayyah telah mendirikan pangkalan dagang di pantai barat Sumatera. Inilah perkenalan pertama penduduk Indonesia dengan Islam. Sejak itu para pelaut dan pedagang Muslim terus berdatangan, abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah. dalam makalah ini akan di bahas lebih mendalam mengenai sejarah perkembangan islam di Indonesia.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Islam Masuk ke Nusantara

Ada dua pendapat mengenai islam masuk di indonesia. Pertama, pendapat lama, yang mengatakan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke-13 M. Pendapat ini dikemukakan oleh para sarjana, antara lain N.H. Krom dan Van Den Berg. Kemudian ternyata pendapat lama tersebut mendapat sanggahan dan bantahan. Kedua, pendapat baru yang mengatakan bahwa islam masuk ke indonesia pada abad ke-7 M atau abad 1 H. Pendapat baru ini dikemukakan oleh H. Agus Salim, M zainal Arifin Abbas, Hamka, Sayed Alwi bin Taher Alhadad, A. Hasjmy, dan thomas W. Arnold.

B.     Tasawuf dan Islamisasi di Indonesia

Islam dalam tahap ini sangat diwarnai oleh aspek tasawuf, namun tidak berarti bahwa aspek hukum terabaikan sama sekali. Meskipun demikian, secara umum islam tasawuf tetap unggul dalam tahap pertama islamisasi, setidaknya sampai akhir abad ke-17 M. Hal tersebut dikarenakan islam tasawuf yang datang ke Nusantara, dengan segala pemahaman dan penafsiran mistisnya terhadap islam, dalam berbagai segi tertentu “cocok” dengan latar belakang masyarakat setempat yang dipengaruhi asketisme Hindu Buddha dan Sinkritisme kepercayaan lokal. Dalam proses islamisasi tahap pertama ini islam tidak langsung secara merata diterima oleh lapisan bawah masyarakat.

1.      Faktor Agama
2.      Faktor Politik
3.      Faktor Ekonomi

D. Kesultanan islam diluar indonesia

1.kesultanan malaka (abad 15)
3. Kesultanan Brunai Darusalam
4. kesultanan islam sulu abad ke 15
5. kesultan johor (abad ke 16)

E.     Kondisi kerajaan-kerajaan di Indonesia

a.      Kerjaan Samudera pasai
b.      Kerajaan Perlak
d.      Kerajaan Pajang (1568-1618)
e.       Kerajaan Mataram
f.       Kerajaan Cirebon
g.      Kerajaan Aceh Darussalam
h.      Kerajaan Banten
i.        Kerajaan Goa (Makasar)
j.        Kerajaan Ternate
                       
BAB III
PENUTUP

Islam datang ke Indonesia ketika pengaruh Hindu dan Buddha masih kuat. Kala itu, Majapahit masih menguasai sebagian besar wilayah yang kini termasuk wilayah Indonesia. Masyarakat Indonesia berkenalan dengan agama dan kebudayaan Islam melalui jalur perdagangan, sama seperti ketika berkenalan dengan agama Hindu dan Buddha. Melalui aktifitas niaga, masyarakat Indonesia yang sudah mengenal Hindu-Buddha lambat laun mengenal ajaran Islam. Persebaran Islam ini pertama kali terjadi pada masyarakat pesisir laut yang lebih terbuka terhadap budaya asing. Setelah itu, barulah Islam menyebar ke daerah pedalaman dan pegunungan melalui aktifitas ekonomi, pendidikan, dan politik.

Proses masuknya agama Islam ke Indonesia tidak berlangsung secara revolusioner, cepat, dan tunggal, melainkan berevolusi, lambat-laun, dan sangat beragam. Dan dalam perkembangan selanjutnya bermunculan banyak kerajaan-kerajaan islam di Indonesia seperti samudera pasai dan kerajaan-kerajaan islam lainnya.


Selengkapnya






Lihat Makalah Lain :



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Sejarah Peradaban Islam (Masuknya Islam Di Nusantara)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top