Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Hadis Tarbawi (Masjid Sebagai Madrasah)

Makalah Hadis Tarbawi (Masjid Sebagai Madrasah)

Makalah Hadis Tarbawi (Masjid Sebagai Madrasah)


BAB I
PENDAHULUAN

Pendidikan islam secara kelembagaan tampak dalam berbagai bentuk dan variasi. Di samping lembaga yang bersifat umum, seperti masjid terdapat lembaga-lembaga lain yang mencerminkan kekhasan orientasinya. Madrasah sudah menjadi fenomena sejak munculnya madrasah nizamiyah di bahdat. Seperti madrasah-madrasah yang didirikan di bawah nauman masjid yang menjadi lembaga pendidikan, seperti halnya masjid Al-Azhar di mesir yang dibawah naunganya mampu mendirikan berbagai lembaga pendidikan termasuk madrasah.

Seiring dengan perkembangan zaman dan meningkatnya kebutuhan masyarakat muslim terhadap pendidikan, maka masjid pada aktu itu menjadi pusat pendiikan, mau tidak mau harus menciptakan wadah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Diantaranya dengan menbangun lembaga-lembaga pentitikan termasuk madrasah.   

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian

1. Pengertian Madrasah

B. Teori pendukung

1.      Bentuk Lembaga Keilmuan dalam Peradapan islam

2.      Lembaga Pengembangan Keilmuan Islam

a.       Halaqah
b.      Toko buku
c.       Perpustakaan
d.      Laboratorium Keilmuan

3.    Pengajaran Al-qur’an

4.      Pengajian kitap: Pendidikan lanjutan

5.      keragaman fungsi masjid

a.       Fungsi Dakwah Masjid Pada rosulullah
b.      fungsi dakwah Masjid pada masa kini

6.      Madrasah dan tantangan peradapan moderen

C. Hadis

عن أبي سعيد: جائت امرأة إلى رسول الله صلى الله عليه وسلّم فقالت : يا رسول الله، ذهب الرّجل بحديثك، فاجعل لنا من نفسك يوما نأتيك فيه تعلّمن ممّا علّمك الله فقال:    اجتمعن في يوم كذا وكذافي مكان كذا وكذا فاجتمعن فأتاهنّ رسول الله صلى الله عليه وسلّم فعلّمهنّ ممّا علّمه الله ثمّ قال :  { ما منكنّ إمرأة تقدّم بين يديها من ولدها ثلاثة إلاّ كان لها حجابا من النّار } فقالت امرأة منهنّ : يارسول الله اثنين؟ قال: فأدتهامرتين ثم قال: واثنين، واثنين،واثنين . (رواه البخاري في الصحيح, كتاب إلاعتصام بالكتاب والسنة, باب تعليم النبي صلى الله عليه وسلم أمته من الرجال والنساء مماعلمه الله ليس برأي ولاتمثيل)

Artinya : “Wahai Rasulullah, kaum laki-laki telah pergi dengan hadismu. Tetapkanlah untuk kami atas kemauanmu suatu hari yang kami datang padamu di hari itu, agar engkau mengajarkan kepada kami apa yang diajarkan Allah kepadmu’. Beliau bersabda’Berkumpullah pada hari ini dan itu, di tempat ini dan itu,. Maka merekapun berkumpul. Lalu Rasulullah SAW datang menemui mereka dan mengajarkan kepada mereka apa yang diajarkan Allah kepadanya. Setelah itu beliau bersabda. Tidak ada dari seorang perempuanpun dari diantara kalian yang ditinggal mati tiga orang anaknya, melainkan anaknya itu menjadi penghalang bagi ibunya dari neraka’. Seorang perempuan diantara mereka berkata, ’wahai Rasulullah, bagaimana dengan dua orang?’Beliau bersabda, ‘Dan dua orang, dan dua orang, dan dua orang’.” (HR. Al-Bukhori).

D. Refleksi Terhadap Kehidupan

Berbicara tentang masjid saat ini sangat beragam manfaatnya khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan penelitian memang ada beberapa masjid yang terkenal mampu melahirkan kader pejuang dan terkenal dengan berbagai kegiatan inovasinya. Ditanah  air kita bangga melihat pesatnta pertumbuhan kualitas masjid dan semarak rehabilitas. Kita bangga akan peningkatan-peningkatan fungsi dan kegunaannya. Diharapkan masjid akan menjadi pusat ibadah, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.

E. Aspek Tarbawi

Masjid dapat dianggap sebagai tempat ibadah dan tempat pendidikan yang merupakan salah satu lembaga yang berperan besar dalam dunia pendidikan islam. Masjid merupakan tempat yang utama untuk me,pelajari ilmu agama dan ilmu lainnya. Zaman Rasulullah SAW. dan seterusnya, di zaman para Sahabat dan Tabiin masjid telah menjadi pusat pengembangan ilmu-ilmu islam kepada seluruh umat. Bermula dari madinah dan selanjutnya ken Andalusia, masjid-masjid dikota-kota tersebut telah berkembang sebagai pusat pengkajian sehinggan menjadi universitas yang terbilang populer diwaktu itu dan kini menjadi universitas Al-Azhar di Mesir yang masih terus menjadi tumpuan umat islam diseluruh dunia.


BAB III
PENUTUP

Dari makalah ini dapat disimpulkan baha masjid berguna tidakhanya untuk beribadah saja melainlan masjid juga berguna untuk tempat belajar mengajar, madrasah juga sebagai salah satu untuk kelembagaan pendidikan islam yang memiliki sejarah sangat panjang. Meskipun madrasah pernah berkembang pada abad 11 dan 12, atau periode pertengahan sejarah islam, khususnya di ilayah baghdad seperti madrasah Al-Nizamiyah, kehadiran madrasah di indonesia tanpaknya merupakan fenomena modern pada aal abad 20.  


Selengkapnya





Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Hadis Tarbawi (Masjid Sebagai Madrasah)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top