Makalah Startegi Belajar Mengajar (Macam Alat Dan Media Pembelajaran)


Guru dan siswa merupakan komponen pokok dalam pembelajaran, disamping materi ajar dan strategi mengajarnya. Pendidik berharap bagaimana agar materi yang diajarkan bisa diterima dan bisa dipahami oleh siswanya. Hal ini bisa menjadi persoalan tersendiri, mengingat latar belakang dan kemampuan siswa itu berbeda-beda.

Maka dengan adanya permasalahan tersebut para pendidik bisa menggunakan cara atau trik untuk memudahkan siswa paham dengan materi yang diajarkan, salah satu caranya dengan menggunakan alat pembelajaran. Pada makalah ini akan dibahas Macam alat dan media pembelajaran. Berikut ini Makalah Startegi Belajar Mengajar (Macam Alat Dan Media Pembelajaran)


Makalah Startegi Belajar Mengajar (Macam Alat Dan Media Pembelajaran)

Makalah Startegi Belajar Mengajar (Macam Alat Dan Media Pembelajaran)


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Alat dan Media Pembelajaran

Alat pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran.Alat pembelajaran mempunyai wujud fusik dan non fisik. Alat pembelajaran yang berwujud fisik terbagi menjadi dua  jenis. Pertama, alat pembelajaran yang tidak berhubungan langsung (membantu) penyampaian materi yang kemudian disebut dengan istilah sarana dan prasarana pembelajaran.Kedua, alat pembelajaran yang berhubungan langsung (membantu) penyampaian materi, yang kemudian disebut dengan istilah media pembelajaran.Sedangkan alat pembelajaran yang bersifat non fisik antara lain berupa; perintah, larangan, hukuman, ganjaran. Alat-alat pembelajran non fisik mempunyai kedudukan dan fungsi yang sama dengan alat pembelajaran fisik yaitu digunakan untuk membantu pencapaian tujuan pembelajran yang telah ditetapkan. 

Penggunaan alat pembelajaaran sepenuhnya menjadi wewenang pendidik, tentunya dengan memperhatikan asas edukatif, sehingga dalam proses pembelajaran tidak akan terjadi hal-hal yang kurang baik. Contohnya penggunaan alat pembelajaran berupa hukuman, harus dilakukan dengan cara mendidik (hukuman yang mendidik) yaitu dengan syarat dilakukan dengan syarat tidak merendahkan peserta didik yaitu dengan tidak berupa hukuman fisik, dilakukan tidak karena dendam dan hukuman diberikan sesuai dengan tingkat kesalahan (tidak berlebihan). 

Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah dapat diartikan sebagai perantara atau pengantar. Sedangkan dalam bahasa Arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Association of Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Media pembelajar merupakan segala bentuk perangsang dan alat yang disediakan guru untuk mendorong siswa belajar secara cepat, tepat, mudah, benar dan tidak terjadi verbalisme. Media pembelajaran merupakan alat bantu pendengaran dan penglihatan (Audio Visual Aid) bagi peserta didik dalam rangka memperoleh pengalaman belajar secara signifikan. 

Dengan demikian, disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari alat pembelajaran.Baik alat maupun media pembelajaran secara umum berfungsi untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung. Pemilihan maupun penggunaan alat dan media pembelajaran akan berfungsi secara optimal, sepenuhnya tergantung pada pendidik.

B. Klasifikasi dan Macam-macam Media Pembelajaran

Media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi, tergantung dari sudut mana melihatnya.

1. Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi ke dalam:

a. Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti radio dan rekaman suara.
b. Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak  unsur suara. Yang termasuk kedalam media ini adalah film slide, foto, transparansi, lukisan, gambar dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis.
c. Media audiovisual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suaram dan lain sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan kedua.

2. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat pula dibagi kedalam:

a. Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi. Melalui media ini siswa dapat mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian yang aktual secara serentak tanpa harus menggunakan ruangan khusus.
b. Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruang dan waktu, seperti film slide, film, video dan lain sebagainya.

3. Dilihat dari cara atau teknik pemakaiannya, media dapat dibagu kedalam:

a. Media yang diproyeksikan, seperti film, slide, film strip, transparansi dan lain sebagainya. Jenis media yang demikian memerlukan alat proyeksi khusus, seperti film projector untuk memproyeksikan film slide. Over Head Projector (OHP) untuk memproyeksikan transparansi. Tanpa dukungan alat proyeksi semacam ini, maka media semacam ini tidak akan berfungsi apa-apa.
b. Media yang tidak diproyeksikan, seperti gambar, foto, lukisan, radio dan lain sebagainya. 


C. Jenis-jenis Alat-alat Teknologi Pendidikan

1.   Papan Tulis

Alat pengajaran ini sangat popular, digunakan untuk sekolah tradisional dan sekolah modern.Papan tulis dimanfaatkan dalam tiap metode pembelajaran.

2.   Gambar

Gambar dapar dikumpulkan dari berbagai sumber seperti kalender, majalah, surat kabar, pamflet dan sebagainya.

3.   Model

Model dapat merupakan tiruan dari benda yang sebernarnya seperti binatang, rumah, patung peraga tulang manusia, organ manusia dan lain-lain.

4.   Koleksi

Bermacam-macam koleksi digunakan dapat seperti macam-macam batu-batuan, tekstil, daun kering, perangko dan lain-lain sebagainya.

5.   Peta dan Globe

Macam-macam peta seperti peta dunia, peta penduduk peta ekonomi digunakan untuk mendukung pelajaran geografi, sejarah, dan lain-lain.

6.   Buku Pelajaran

Buku pelajaran merupakan alat pelajaran yang paling banyak digunakan.Karena digunakan sebagai sumber bahan pelajaran dalam pembelajaran.

7.   Film

Dengan menayangkan film-film yang mengandung unsur pendidikan. Dalam pemilihan film harus disesuaikan dengan pelajaran yang akan diajarkan.

8.   Filmstrip dan Slide

Filmstrip dan slide berupa gambar mati yaitu table, foto, diagram karton, reproduksi lukisan dan lain-lain. 

9.   Overhead Projector

Overhead projector dapat memproyeksikan pada layar apa yang tergambar atau tertulis dalam lembaran transparan.

10.  Tape Recorder

Tape recorder sangat bermanfaat untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa. 



Selengkapnya :

Makalah Startegi Belajar Mengajar (Macam Alat Dan Media Pembelajaran)






Lihat Makalah Lain :




0 Comments