Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Filsfat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian : Kapitalisme dan Komersialisme Pendidikan)

Selengkapnya

Link Download Power Point



Download Makalah Lain :

Makalah Ciri-ciri Perilaku Penganut Agama

Makalah Problematika Moral di Era Globalisasi

Makalah Kebutuhan Agama

Makalah Filsfat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian : Kapitalisme dan Komersialisme Pendidikan)


Makalah Filsfat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian : Kapitalisme dan Komersialisme Pendidikan)



BAB I
PENDAHULUAN

Bagaimanapun Sempitnya pengertian pendidikan, namun masalah pendidikan merupakan masalah yang berhubungan langsung dengan hidup dan kehidupan manusia. Pendidikan merupakan usaha dari manusia dewasa yang telah sadar akan kemanusiaannya, dalam membimbing, melatih, mengajar dan menanamkan nilai-nilai serta dasar-dasar pandangan hidup kepada generasi muda, agar nantinya menjadi manusia yang sadar dan bertanggung jawab akan tugas-tugas hidupnya sebagai manusia, sesuai dengan sifat hakikat dan ciri-ciri kemanusiaannya. Dan pendidikan formal disekolah hanyalah bagian kecil saja dari padanya, tapi merupakan inti dan tidak bisa lepas kaitannya dengan proses pendidikan secara keseluruhan. Bahkan pendidikan juga menghadapi persoalan-persoalan tidak mungkin di jawab dengan menggunakan analisa dan pemikiran yang mendalam yaitu analisa filsafat.


BAB II
PEMBAHSAN

Masalah pendidikan, adalah merupakan masalah hidup dan kehidupan manusia. Proses pendidikan berada dan berkembang bersama proses perkembangan hidup dan kehidupan manusia, bahkangkeduanya pada hakikatnya adalah proses yang satu. Pengertian yang luas dari pendidikan sebagaimana dikemukakan oleh lodge, yaitu  bahwa life is education, and education is life”, akan berarti bahwa proses hidup dan kehidupan manusia itu adalah proses pendidikan segala pengalaman sepanjang hidupnya merupakan dan memberikan pengaruh pendidikan baginya.Filsfat yang dijadikan basis bagi pengembangan ilmu pendidikan dapat bersifat universal, yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Pengembangan dapat kita jadikan sebagai pedoman.dalam pengembangan pendidikan untuk masa-masa yang akan datang.

1. Kapitalisme Pendidikan

Secara bahasa Kata kapitalisme berasal dari capital yang berarti modal, dengan yang dimaksud modal adalah alat produksi seperti misal tanah, dan uang. Dan kata isme berarti suatu paham atau ajaran. Jadi arti kapitalisme itu sendiri adalah suatu ajaran atau paham tentang modal atau segala sesuatu dihargai dan diukur dengan uang.

Kapitalisme kini telah menyentuh wilayah pendidikan nasional. Munculnya dikotomi Sekolah Berstandar Internasiaonal (SBI) dan sekolah biasa merupakan pengejawantahan semangat kapitalis dalam dunia pendidikan. Tidak dipungkiri, akan muncul kelas-kelas sosial sebagai bias ‘penerapan’ ide kapitalis dalam dunia pendidikan.  Kelas sosial karena system pendidikan yang berbasis modal dan menyampingkan kecerdasan.

2.      Komersialisme Pendidikan

Masalah komersialisame pada lembaga pendidikan Islam Komersialisme lembaga pendidikan merupakan salah satu problem yang timbul pada pendidikan itu sendiri. di sini akan memunculkan ketidak seimbangan (timbul persaingan tak sehat) antara si kaya dan si miskin. Dengan adanya komersialisasi pendidikan justru itu akan lebih memihak antara si kaya yang akan terus menjadi penguasa, mendominasi segala sesuatu yang ada.“ Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin” .Jika pendidikan Islam lebih mementingkan komersialisme pendidikan berarti pemerataan pendidikan hanya menjadi “ slogan” belaka. Yang terjadi penguatan terhadap yang sudah kuat sementara si miskin dilarang untuk tidak sekolah sebab tidak mampu untuk membiayai sekolah. Walaupun ada orang yang miskin yang sekolah di situ “ melewati jalan terjal”, kekurangan fasilitas, sarana, pasti akan tersingkir bahkan putus sekolah (kuliah). 






Baca Makalah Lin :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Filsfat Pendidikan (Persoalan-Persoalan Pendidikan Kekinian : Kapitalisme dan Komersialisme Pendidikan)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top