0 Komentar
Selengkapnya

Link Download Power Point


Makalah Hadis Tarbawi (Bahasa Manusia)

Makalah Hadis Tarbawi (Bahasa Manusia)

BAB I
PENDAHULUAN

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap orang muslim”. Rasulullah memerintahkan kepada orang muslim agar menuntut ilmu, baik itu ilmu agama maupun ilmu umum. Rasulullah juga memerintahkan kepada umatnya untuk belajar bahasa, bahasa apa saja yang ada di dunia ini.

Bahasa adalah alat komunikasi yang sangat penting bagi manusia.Tanpa mengetahui bahasa kita tidak dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang lain. Untuk itu dalam makalah ini akan dibahas hadits tentang bahasa manusia.  Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin.

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Teks Hadits Tentang Bahasa Manusia

عن زيدبن ثابت قال : أمرني رسول الله صلى الله عليه وسلم أن أتعلم له كلمات من كتاب يهود قال أني والله ما أمن يهود على كتا بي قال فما مر بي نصف شهر حتى تعلمته له قال فلما تعلته كا ن اذا كتب الى يهود كتبت اليهم واذا كتبوا اليه قرات له كتابهم (رواه الترمذي)

B.       Terjemah

Dari Zaid bin Tsabit berkata : “Rasulullah memerintahkan aku agar belajar untuk beliau bahasa kitab orang Yahudi dan beliau bersabda : “Sesungguhnya aku demi Allah, aku tidak merasa aman kepada orang Yahudi terhadap suratku (baik dalam membacanya maupun menulisnya)”. Dia berkata : “Maka tidak lewat setengah bulan aku belajar sehingga selesai aku mempelajarinya untuk beliau”, dia berkata : “Ketika aku selesai mempelajarinya, maka apabila beliau berkirim surat kepada golongan Yahudi, maka aku menulis kepada mereka dan apabila mereka berkirim surat kepada beliau, maka aku membaca surat mereka untuk beliau”. 

C.      Mufrodat

D.      Biografi Zaid bin Tsabit

E.       Keterangan Hadits

F.       Aspek Tarbawi

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan dari isi hadits di atas adalah bahwa Rasulullah bahwa Rasulullah SAW memerintahkan kepadanya untuk mempelajari bahasa Ibrani guna menerjemahkan surat orang-orang Yahudi. Dan juga bahwa Rasulullah SAW telah menyuruh Zaid bin Tsabit belajar bahasa Suryani

Dari sejarah peradaban dapat diketahui bahwa, banyak ilmu-ilmu Yunani telah diterjemahkan ke dalam bahasa Suryani, misalnya filsafat, astronomi, matematika, kedokteran, dan lain-lain. Ini berarti bahwa, Nabi SAW menganjurkan umat Islam mempelajari filsafat, astronomi, matematika dan kedokteran yang terdapat dalam bahasa Suryani itu tersebut.





Lihat Makalah Lain :





Post a Comment

 
Top