Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Hadis Tarbawi (Rumah Sebagai Madrasah)

Makalah Hadis Tarbawi (Rumah Sebagai Madrasah)

Makalah Hadis Tarbawi (Rumah Sebagai Madrasah)


BAB I
PENDAHULUAN

Keluarga merupakan salah satu sumber pendidikan selain sekolah.Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga anak mendapatkan pendidikan. Keluarga sebagai lingkungan yang utama karena sebagian banyak aktivitas anak dilakukan dirumah. Dalam keluarga anak dapat  mempelajari banyak hal, misalnya cara berinteraksi dengan orang lain, menyampaikan pendapat, berbicara, bersikap, berperilaku, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, saya akan sedikit menjelaskan bagaimana pentingnya peranan keluarga dalam membantu perkembangan pendidikan anak.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian

B.     Teori Pendukung

1.      Materi pendidikan keimanan
2.      Materi pendidikan akhlak
3.      Syariat atau hukum Islam

C.    Materi Hadits

عثمان بن الأرقم انه كان يقول : ( أنا ابن سبع الإسلام , اسلم أبي سابع سبعة وكانت داره على الصفا وهي الدار التي كان النبي صلى الله عليه وسلم يكون فيها في الإسلام وفيها دعا الناس إلى الإسلام )
(رواه الحاكم في المستدرك , باب ذكر الأرقم بن أبي الأرقم المخزومي صلى الله عليه وسلم

 “Ustman bin Arqam berkata: saya masuk Islam usia tujuh tahun, ayah saya orang yang ke tujuh masuk Islam. Rumahnya di tanah safa dan rumah itu pernah di tempati oleh Nabi Muhammad SAW untuk berdakwah dan berdo’a kepada manusia untuk masuk Islam. (HR. Al- Hakim).

D.    Refleksi Hadits dalam Kehidupan

E.     Aspek Tarbawi

1.      Rumah merupakan tempat atau lingkungan pertama untuk memperoleh pendidikan.
2.      Orang tua mampu menjalankan tugasnya dengan baik dalam mendidik anak.
3.      Pendidik (orang tua) adalah teladan bagi anak didiknya, sehingga pendidik harus memberikan teladan yang sesuai.
4.      Pendidik (orang tua) dan peserta didik (anak) bekerja sama dalam proses pembelajaran, agar hasil yang dicapai memuaskan dan sesuai dengan apa yang diharapkan.
5.      Menjalin tali persaudaraan antar anggota keluarga dengan sebaik mungkin.

BAB III
PENUTUP

Keluarga merupakan unit terkecil dalam struktur masyarakat yang dibangun di atas pernikahan, terdiri dari ayah atau suami, ibu atau istri dan anak. Keluarga adalah lembaga yang sangat penting dalam proses pengasuhan anak. Meskipun bukan menjadi satu-satunya faktor, keluarga merupakan unsur yang sangat menentukan dalam pembentukan kepribadian dan kemampuan anak. Karena keluarga merupakan tempat pertumbuhan anak yang pertama dimana dia mendapatkan pengaruh dari anggota-anggotanya pada masa yang amat penting dan paling kritis dalam pendidikan anak, yaitu tahun-tahun pertama dalam kehidupannya.

Pendidikan dalam keluarga pun memerlukan materi dan metode pengajaran yang tepat agar tujuan pendidikan yang diinginkan pendidik (orang tua) dapat tercapai dengan baik dan memuaskan. Selain itu agar peserta didik (anak) dapat menggunakan atau mempraktekan materi yang sudah diperolehnya dengan baik dalam masyarakat sekitar.

Selengkapnya




Lihat Makalah Lain :





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Hadis Tarbawi (Rumah Sebagai Madrasah)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top