Makalah Akhlak

Makalah Akhlak

Makalah Akhlak

Download Power Point


BAB II
PEMBAHASAN

A.       Pengertian

Menurut bahasa (etimologi) perkataan akhlak ialah bentuk jamak dari khuluk (khuluqun) yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat. Akhlak disamakan dengan kesusilaan, sopan santun. Khuluq merupakan gambaran sifat batin manusia, gambaran bentuk lahiriah manusia, seperti raut wajah, gerak anggota badan atau seluruh tubuh. Dalam bahasa Yunani pengertian khuluq ini disamakan dengan kata Ethicos atau ethos, artinya adab kebiassaan, perasaan batin, kecenderungan hati untuk melakukan perbuatan. Ethicos kemudian berubah menjadi etika.

Dalam kamus Al-Mujid, khuluq berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat. Akhlak diartikan sebagai ilmu tata karma.ilmu yang berusaha mengenal tingkah laku manusia, kemudian member nilai kepada mperbuatan baik atau buruk sesuai dengan norma-norma dan tata susila.

C.  Ruang Lingkup dan Pembahasan Akhlak

1. Perasaan Akhlak

Perasaan akhlak ialah kekuatan seseorang dapat mengetahui suatu perilaku,sesuaikan ia dengan akhlak baik atau tidak. Perilaku atau tindakan itu pada suatu waktu dianggap tepat dan baik, tetapi pada waktu dan situasi lain bisa di anggap tidak tepat.

JJ. Rousseau (sosiolog Prancis), mengatakan bahwa suara hati (diamer) adalah petunjuk yang terpercaya dan terpelihara  dari kekliruan (ma’shum).

Argumentasi yang dipergunakan oleh masing-masing penganut teori suara hati (diamer) itu ada bermacam-macam. John Looke mengatakan bahwa yang pokok adalah egoisme. Suara hati itu tidak  dapat berubah padahal dalam kenyataannya suara hati dapat berubah menurut situasi dimana ia berada. Menurut John Looke bahwa suara hati itu berbeda-beda menurut beberapa peraturan, ia menyimpulkan sebagai berikut :

· Specification (tertentu), yaitu berpandangan sempit

· Spiritual (situasi spiritual), kalau pada zaman dahulu orang hanya melihat kepada yang diluar atau kepada barang-barang yang diluar saja tetapi sekarang orang mementingkan sesuatau luar dalam.
· Universal (sesuatu yang umum) ini bersifat sudah mendunia jadi tendesinya ialah kearah persamaan manusia seluruhnya.

2. Pendorong Akhlak

3. Ukuran Akhlak

4. Tujuan Akhlak

5. Pokok-pokok Ilmu Akhlak

Pokok pembahasan ilmu akhlak ialah tingkah laku manusia untuk menetapkan nilainya baik atau buruk. J.H Muirhead menyebutkan bahwa pokok pembahasan (subject matter) ilmu akhlak ialah menyelidiki tentang tingkah laku dan sifat manusia. Al-ghazali mengatakan bahwa pokok-pokok pembahasan ilmu akhlak meliputi seluruh aspek kehidupan manusia baik sebagai individu (perseorangan) maupun kelompok (masyarakat). 

 D. Pembagian Akhak

Ada dua jenis akhlak dalam islam yaitu akhlaqul karimah (akhlak terpuji) ialah akhlak yang baik dan benar menurut syari’at islam, dan akhlaqul madzumah (akhlak tercela) ialah akhlak yang tidak baik dan tidak benar menurut islam

1. Akhlak karimah (akhlak terpuji).

Adapun jenis-jenis akhlak karimah itu adalah sebagai berikut :
a.       Al-amanah (sifat jujur dan dapat dipercaya)
b.      Al-alifah (sifat yang disenangi)
c.       Al-afwu (sifat pemaaf)
d.      Anie satun (sifat manis muka)
e.       Al-khairu (kebaikan atau berbuat baik)
f.       Al-khusyu (tekun bekerja sambil menundukkan diri / berzikir kepada-Nya)

2. Akhlakul madzmumah (akhlak tercela)

Adapun jenis-jenis akhlakul madzmumah itu adalah sebagai berikut :
a.         Ananiyah (sifat egoistis)
b.        Al-baghyu (suka obrol diri pada lawan jenis yang tidak hak)
c.         Al-bukhlu (sifat bakhil, kikir, terlalu cinta harta)
d.        Al-kadzab (sifat pendusta atau pembohong)
e.         Al-khamru (gemar minum minuman yang mengandung alcohol)
f.         Al-khiyanah (sifat penghianat/
g.        Azh-zhulmun (sifat aniaya)
h.                  Al-jubnu (sifat pengecut)

E. Hukum Akhlak

F.   Etika Rasionalisme

G. Urgensi Ilmu Akhlak 

Dalam kehidupan bermasyarakat dari masa kemasa dan dari berbagai lingkungan sangat pegang.

Peran penting,karena manusia sebagai makhluk satu sama lain baik sesama manusia, waktu maupun lingkungan sekitarnya yang tidak lepas dari berbagai permasalahan sebagai akibat dari interaksi diantara mereka sesama manusia maupun situasi dan kondisi yang ada hal ini diperlukan  sekali adanya norma yang disepakati dalam mengatur kehidupan sehari- hari, norma tersebut baik yang secara formal maupun konfensional akan eksis sebagai konsekuensi dari interaksi sesama makhluk yang memerlukan kehidupan yang teratur dan terpuji.

Sesuai dengan tujuan ilmu akhlak untuk mengetahui perbedaan-perbedaan energy manusia yang baik dan buruk, agar manusia dapat memegang dengan perangai-perangai yang baik dan menjauhkan diri dari perangai-perangai yang jahat,sehingga terciptalah tata tertib dalam pergaulan masyarakat dimana tidak ada benci-membenci, curiga-mencurigai antara satu dengan yang lain, dimana tidak ada perkelahian, persengketaan dan tidak ada pukul-memukul antara sesama hamba Allah yang hidup dimuka bumi ini.

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan

Dengan uraian tersebut diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sesuatau dengan perkembangan kehidupan manusia yang dipengaruhi zaman dan lingkungannya. Maka akhlak pun mengalami perubahan. Urgensi ilmu akhlak diperlukan dalam rangka menyelaraskan norma-norma pendidikan sesuai zaman.

B.    Penutup

Demikianlah makalah yang sangat sederhana ini,kami berharap semoga bermanfaat bagi kita semua. Saran dan kritik kami harapkan demi perbaikan selanjutnya dan tak lupa kami ucapkan terimakasih.


Selengkapnya :

Download Makalah Akhlak





Lihat Makalah Lain :






0 Comments