Kumpulan Makalah

Blog ini berisi kumpulan makalah

Makalah Tafsir Tarbawi (Pendidikan Karakter Religius : Dirikanlah Shalat dan Amar Makruf Nahi Munkar)


Makalah Tafsir Tarbawi (Pendidikan Karakter Religius : Dirikanlah Shalat dan Amar Makruf Nahi Munkar)

Makalah Tafsir Tarbawi (Pendidikan Karakter Religius : Dirikanlah Shalat dan Amar Makruf Nahi Munkar)


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Agama Islam adalah agama yang sangat memperhatikan penegakan Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar dan mendirikan sholat. Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan mendirikan sholat merupakan pilar dasar dari pilar-pilar akhlak yang mulia lagi agung. Kewajiban menegakkan kedua hal itu adalah merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa ditawar bagi siapa saja yang mempunyai kekuatan dan kemampuan melakukannya. Sesungguhnya diantara peran-peran terpenting dan sebaik-baiknya amalan yang mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, adalah saling menasehati, mengarahkan kepada kebaikan, nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. At-Tahdzir (memberikan peringatan) terhadap yang bertentangan dengan hal tersebut, dan segala yang dapat menimbulkan kemurkaan Allah Azza wa Jalla, serta yang menjauhkan dari rahmat-Nya.Perkara al-amru bil ma’ruf wan nahyu ‘anil munkar (menyuruh berbuat yang ma’ruf dan melarang kemungkaran) menem pati kedudukan yang agung.


B. Judul makalah

Dalam penulisan makalah ini, penulis memberi judul “DIRIKANLAH SHOLAT AMA MA’RUF NAHI MUNKAR” sesuai dengan materi yang diterima.


C. Nash dan arti (QS: luqman 31:17)

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ
Artinya: Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS: luqman 31:17)

D. Urgensi Pembahasan

Isi kandungan ayat ini sangat penting untuk di kaji karena di dalam nya terkandung berbagai perintah dan larangan kepada umat manusia di antaranya adalah perintah untuk mendirikan sholat amar ma’ruf nahi munkar yang di tujukan untuk semua umat manusia. Tentunya perintah tersebut langsung datang nya dari allah SWT jadi tidak ada alasan bagi setiap muslim untuk tidak mengerjakan nya bahkan menolak nya.


BAB II
PEMBAHASAN

A. Teori

1. Amar makruf nahi munkar merupakan salah satu pilar ajaran agama islam yang fundamental. Amar makruf nahi munkar ibarat satu sisi dari dua sisi mata uang yang sama. Nahi munkar mengandung anasir amar makruf. Satu sama lainya saling mengisi, melenkapi dan menkukuhkan dan menyempurnakan exsistensis nya. Amar makruf niscaya di ikuti dengan nahi munkar sedankan nahi munkar niscaya di indak lanjuti dengan amar makruf.


2. Mendirikan sholat adalah melaksanakan sholat sesuai dengan ketentuannya. Sholat ada dirukun Islam yang ke2, dalam Al Quran menurut para ahli ada 30 perintah mendirikan sholat. Sholat mempunyai waktu tertentu kita tinggal melaksanakannya saja dan namanya pun diberi sesuai dengan nama waktu tersebut seperti sholat diwaktu fajar disebut dengan sholat fajar/shubuh, sholat diwaktu zuhur disebut sholat zuhur, sholat diwaktu asyar disebut sholat asyar, sholat diwaktu magrhib disebut sholat maghrib dan diwaktu isya dinamakan sholat Isya kemudian terus diulang. Sholat lima waktu tersebut sudah menjadi keharusan bagi setiap muslim dan muslimah yang telah berakal sehat dan dewasa beda dengan orang kafir tidak diwajibkan dan bila masuk Islam maka tidak diharuskan mengqadlanya. Sholat itu diwajibkan tetapi jika menolak untuk mengerjakannya dengan alasan tidak wajib maka ia harus dipinta agar bertaubat seperti orang murtad sehingga pada saat ia mengakui sholat itu wajib, berarti ia kembali lagi ke muslim. 

B. Tafsir QS al-luqman : 17

يَا بُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَىٰ مَا أَصَابَكَ ۖ إِنَّ ذَٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

1. Tafsir Al Misbah

Luqman melanjutkan nasihat nya kepada anaknya nasihat yang dapat menjamin kesinambungan Tauhid serta kehadiran ilahi dalam kalbu sang anak beliau berkata sambil tetap sambil tetap dengan memanggilnya dengan panggilan mesra: wahai anak ku sayang, laksanakan lah sholat,dengan sempurna syarat rukun dengan sunah-sunahnya.dan di samping enkau memperhatikan dirimu dan membentenginya dari kekejian dan kemungkaran, anjurkan pula orang ber perilaku serupa. Karena itu,perhatikan secara baik-baik siapapun yang mampu enkau ajak mengerjakan yang makaruf dan cegahlah mereka dari kemunkaran. 


2.Tafsir Al-Azhar

Kemudian Luqman meneruskan wasiatnya “Wahai anak ku, dirikanlah sembahyang, dan menyuruhlah berbuatyang makruf, dan mencegah nya dari munkar dan sabarlah atas apa pun yang menimpa kamu” (pankal ayat 17).


“Sesungguhnya yang demikian itu adalah termasuk yang sepenting penting pekerjaan.” (ujung ayat 17) yakni kalau kita ingin hendak jadi manusia yang berarti dalam pegaulan hidup di dunia ini. Sembahyang penegur pribadi, amar makruf nahi munkar dalam hubungan dengan masyarakat, dan sabar untuk mencapai apa yang di cita-cita kan. Karena apa jua pun lapangan hidup yang kita masuki, kalu kita sabar, kita akan patah di tengah jalan. Nabi sendiri, karena keras rekasi kaumnya, pernah terlintas dalam hati nya suatu perasaan hendak melompat saja dari puncak bukit yang tinggi ke dalam lurah yang dalam (baakhi’un nafsaka).tetapi perasaan itu di tahan dengan tabah. Namun da’wah diteruskan juga .itu sebabnya makaa di sebutkan bahwa pekerjaan ini sangat penting. Apa saja rencana, sabarlah kuncinya. Yang tidak sabar akan gagal di tengah jalan.

3. Tafsir Al Maraghi



C. Implikasi Dalam Kehidupan

Inti sari dari qs luqman : 17 adalah berisi tentang perintah dan larangan
1. mengerjakan kewajiban manusia terhadap allah SWT yaitu mendirikan sholat
2. mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan
3. melarang orang lain jika kita melihat orang lain berbuat dosa

D. Aspek Tarbawi

1.mendirikan sholat adalah hal yang wajib di lakukan oleh setiap mulim karena ini perintah langsung dari allah SWT
2.tidak boleh menolak atau tidak mengerjakan kewajiban kepada allah swt  jika tidak ancamanya adalah neraka jahanam
3. sesama manusia untuk saling mengajak kepada kebaikan atau amar ma’ruf nahi munkar
4. tidak lupa pula bahwa jika setiap muslim melihat sesamnya bebuat dosa agar untuk mengingatkan agar tidak mengerjakan pebuatan dosa tersebut atau mencegah nya (nahi munkar)


BAB III
PENUTUP


 Isi kandungan QS. Luqman 31: 17 ialah perintah untuk mendirikan sholat dan berbuat amar ma’ruf dan nahi munkar sebagaimana perintah Luqman kepada anak nya ber amar ma’ruflah nahi munkar lah sesuai dengan kemampuan kita agar di ridhoi allah SWT dan agar kita mendapat kebaikan dari perbuatan kita tersebut


Selengkapnya





Lihat Makalah Lain :




Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Makalah Tafsir Tarbawi (Pendidikan Karakter Religius : Dirikanlah Shalat dan Amar Makruf Nahi Munkar)"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top