0 Komentar

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Metode Belajar Mengajar)

Makalah Strategi Belajar Mengajar (Metode Belajar Mengajar)

Link Download Power Point


BAB I
PENDAHULUAN

Sekolah merupakan sebuah gambaran masyarakat  kecil. Dikatakan masyarakat karena didalamnya berkumpul beberapa peserta didik satu sama lainnya mempunyai perbedaan baik kemampuannya dalam belajar, latar belakang, adat istiadat, identitas sosial maupun bahasanya.

Dari berbagai macam perbedaan masing-masing individu peserta didik inilah seorang pendidik memegang tanggung jawab yang tidak ringan dalam arti bahwa pendidik dituntut untuk mengerahkan segenap kemampuan dan kepandaiannya dalam mengolah materidan menyampaikan agar mudah diterima oleh anak didiknya. Untuk itulah pendidik dituntut juga menguasai materi tersebut dengan menggunakan metode yang baik pula.

Maka yang harus diperhatikan pendidikdalam menentukan metode apakah metode tersebut sesuai dengan materi yang akan disampaikan, dan yang paling penting apakah metode tersebut dapat diterima dengan baik sesuai dengan kemampuan peserta didik dan juga dapat merangsang motivasi dan kreativitas mereka.

Dalam makalah ini akan membahas berbagai macam metode belajar mengajar serta faktor-faktor  pemilihan metode belajar mengajar yang sesuai dengan kemampuan peserta didik.                                                     
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Metode Belajar Mengajar

Metode berasal dari bahasa Greek-Yunani, metha yang berarti melalui atau melewati dan hodos yang berarti jalan atau cara. Dari asal makna tersebut dapat diambil pengertian secara sederhana metode adalah jalan atau cara yang ditempuh seorang guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan pada anak didiknya sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Memahami pemaknaan metode tersebut maka dapat diambil  pengertian tentang metode mengajar, bahwa metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh seorang guru atau instruktur, atau teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual atau secara kelompok , agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Makin baik metode mengajar, makin efektif pula pencapaian tujuan.

B.     Kedudukan Metode Belajar Mengajar

Suatu metode memilki peranan yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Metode turut menentukan tercapai tidaknya tujuan pembelajaran, sehingga seorang pendidik dituntut untuk memahami kedudukan metode dalam kegiatan belajar mengajar.

1)      Metode sebagai alat motivasi ekstrinsik
2)      Metode sebagai strategi pembelajaran
3)      Metode sebagai alat untuk mencapai tujuan

C.    Faktor-Faktor Pemilijan Metode Belajar Mengajar 

Menurut Winarno Surakhmad mengatakan bahwa pemilihan dan penentuan metode dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah :

1.      Peserta didik
2.      Tujuan
3.      Situasi
4.      Fasilitas
5.      Pendidik

D.    Macam-Macam Metode Belajar Mengajar

Menurut  Zaenal Mustakim dalam bukunya  starategi dan metode pembelajaran jilid 1 secara garis besarnya metode diklasifikasikan menjadi dua, yaitu konvensional dan inkonvensional,

1.    Metode Belajar Mengajar Konvensional

a.   Metode Pembiasaan
b.   Metode Pengharagaan
c.    Metode Hukuman
d.   Metode Ceramah
e.   Metode Latihan
f.    Metode Tanya Jawab
g.   Metode Demontrasi
h.   Metode Karyawisata
i.    Metode Diskusi
j.    Metode Eksperimen
k.   Metode Proyek
l.    Metode Tugas dan Resitasi
m.  Metode Problem Solving

2.    Metode Belajar Mengajar Inkonvensional

a.    Metode Pengajaran Modul
b.   Metode Pengajaran Berprogram
c.    Metode Pengarajaran Unit
d.   Metode CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)
e.    Metode KBK (Kurukulum Berbasis Kompetensi)
f.    Metode KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)


BAB III
PENUTUP

Metode berasal dari bahasa Greek-Yunani, metha yang berarti melalui atau melewati dan hodos yang berarti jalan atau cara. Dari asal makna tersebut dapat diambil pengertian secara sederhana metode adalah jalan atau cara yang ditempuh seorang guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan pada anak didiknya sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Kedudukan Metode Belajar Mengajar sebagai berikut :
1)      Metode sebagai alat motivasi ekstrinsik
2)      Metode sebagai strategi pembelajaran
3)      Metode sebagai alat untuk mencapai tujuan


Selengkapnya :

Download Makalah Strategi Belajar Mengajar (Metode Belajar Mengajar)






Lihat Makalah Lain :



Post a Comment

 
Top