Makalah Tafsir Tarbawi (Persamaan Derajat Manusia)

Makalah Tafsir Tarbawi (Persamaan Derajat Manusia)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG

Dalam Islam, semua yang namanya manusia itu adalah sama,yang pernah lahir pasti nantinya akan merasakan mati, tidak ada satupun ysng memiliki posisi lebih tinggi dari yang lainnya. Maka persamaan derajat dalam islam adalah yang paling adil, semua dipandang sama tak ada yang berbeda. Persamaan derajat adalah persamaan nilai, harga, taraf yang membedakan makhluk yang satu dengan makhluk yang lain. Harkat manusia adalah nilai manusia sebagai makhluk Tuhan yang dibekali cipta, rasa, karsa dan hak-hak serta kewajiban azasi manusia. 

Martabat adalah tingkatan harkat kemanusiaan dan kedudukan yang terhormat, sedangkan derajat manusia adalah tingkatan, martabat dan kedudukan manusia sebagai makhluk Tuhan yang memiliki kemampuan kodrat hak dan kewajiban azasi. Dengan adanya persamaan harkat, derajat dan martabat manusia, setiap orang harus mengakui serta menghormati akan adanya hak-hak, derajat dan martabat manusia. Sikap ini harus harus ditumbuhkan dan dipelihara dalam hubungan kemanusiaan baik dalam lingkungan keluarga, lembaga pendidikan,  maupun dilingkungan pergaulan masyarakat.

Makalah Tafsir Tarbawi (Persamaan Derajat Manusia)

Makalah Tafsir Tarbawi (Persamaan Derajat Manusia)

B.     TEMA : PENDIDIKAN SOSIAL UNIVERSAL

JUDUL : Persamaan Derajat Manusia

QS. Al Hujuraat Ayat 13

C.    NASH

يا ء يها ا لنا س انا خلقنكم من ذكر وانثى وجعلنكم شعو با وقبا ءل لتعا ر فو ا ان اكرمكم عند الله اتقكم ان الله عليم خبير (13)

Artinya : “Hai manusia, sesungguhnya kami ciptakan kamu dari seorang laki-laki seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah maha mengetehui lagi maha mengenal.” (QS. Al Hujuraat Ayat 13)

D.    ARTI PENTING

manusia dilahirkan dengan potensi yang sama, sebab manusia merupakan satu keluarga dari rahim seorang hawa dengan bapak tunggal adam namun seiring dengan banyaknya kepentingan maksud dan tujuan yang berbeda, lazimlah bila di kemudian hari timbullah rasisme yang muncul karena perbedaan-perbedaan. Islam datang sebagai pencerah yang memberikan wacana yang sempurna terkait persamaan derajat.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    TEORI

Persamaan derajat adalah suatu sifat yang menghubungkan antara manusia dan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, maksudnya orang sebagai anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara. Hak dan kewajiban sangat penting ditetapkan dalam perundang-undangan atau konstitusi, undang-undang itu berlaku untuk semua orang tanpa terkecuali dalam arti semua orang memiliki kesamaan derajat, kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai faktor kehidupan. 

B.      TAFSIR QS. Al Hujuraat Ayat 13

1.      Tafsir Al-Lubab
2.      Tafsir Al-Maraghi
3.      Tafsir Al-Azhar
4.      Tafsir Al-Qurthubi

C.     APLIKASI DALAM KEHIDUPAN

a.       Senantiasa bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.
b.      Senantiasa menghormati dan menghargai orang lain.
c.       Perbedaan bangsa harus digunakan untuk upaya saling mengenal.
d.     Semua kalangan masyarakat ada dalam kelas yang sama, tidak ada perbedaan kekuasaan dan memiliki hak yang sama sebagai warga negara, sehingga tidak ada dinding pembatas antara kalangan atas dan kalangan bawah.
e.      Untuk mencapai kemuliaan disisi Allah, hendaknya manusia senantiasa menaati perintahNya dan menjauhi laranganNya.

D.    ASPEK TARBAWI

a.       Persamaan derajat yang diajarkan Islam adalah persamaan dalam bentuk yang paling hakiki dan paling sempurna, Islam mengajarkan bahwa semua manusia dari segi harkat dan martabatnya sama dihadapan Allah, yang membedakan adalah tingkat ketaqwaanya.
b.      Persamaan derajat adalah suatu sifat yang menghubungkan antara manusia dengan lingkungan masyarakat.
c.       Dari segi hakikat penciptaan antara manusia satu  dengan manusia lainnya tidak ada perbedaan.
d.      Kitab ilahi jauh lebih bermanfaat dari pada kekayaan dan harta benda duniawi.
e.       Persamaan derajat di Indonesia terwujud dalam jaminan hak di berbagai bidang kehidupan.

Selengkapnya :

Download Makalah Tafsir Tarbawi (Persamaan Derajat Manusia)




Lihat Makalah Lain :




0 Comments