0 Komentar
Makalah Tafsir Tarbawi (Kepemimpinan Membangun Peradaban Baru)

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Teori

Ujian merupakan sunah ilahi yang pasti menimpa seluruh manusia. Ujian itu diberlakukan ke atas manusia agar mereka mengetahui betapa Allah Maha Mengetahui segalanya. Ujian-ujian ini untuk mengetahui seluruh potensi, baik dan buruk manusia. Dengan diharapkan dapat menjadi jelas bahwa apa yang dipilih oleh setiap manusia berdasarkan kebebasan memilih yang telah Allah berikan kepadanya. Atas dasar ini manusia diberi balasan berupa pahala atau siksaan dari tindakan tersebut.

Di dalam ayat ini maksud dari "kalimat" adalah rentetan tanggung jawab berat yang telah Allah panggulkan kepundak Nabi Ibrahim. Beliau menjalankan semua tanggung jawab yang dibebankan kepadanya dan sebagian dari tanggung jawab .

Makalah Tafsir Tarbawi (Kepemimpinan Membangun Peradaban Baru)

Makalah Tafsir Tarbawi (Kepemimpinan Membangun Peradaban Baru)

Kedudukan Imamah lebih tinggi dari kedudukan risalah. Rasul ditugaskan menyampaikan hukum-hukum ilahi dan pemberi petunjuk manusia, tetapi Imam penaggung jawab atas terealisasinya hukum-hukum tersebut dan pelaksanaan keadilan sosial di antara masyarakat.

B.     Tafsir

1.      Tafsir Al-Maraghi
2.      Tafsir Al-Azhar
3.      Tafsir Al-Misbah

C.    Aplikasi dalam kehidupan

·     Baik buruknya seorang pemimpin menurut pandangan masyarakat adalah dinilai dari tidaknya janji-janji yang telah disampaikanya.
·    Memberikan petunjuk (solusi)dengan berdasarkan wahyu/hukum Allah Ajaran Ilahi adalah merupakan pedoman-pedoman dan tatanan hidup dan kehidupan mulai dari kehidupan pribadi, keluarga sampai dalam urusan bernegara.
·       Selanjutnya mampu mentuangkan makna sholat dalam aktualisasi kehidupan sosial. Berbangsa dan bernegara

D.    Aspek Tarbawi

1.     Setiap individu manusia meempunyai potensi menjadi seorang pemimpin yang baik
2.    Seorang pemimpin harus dapat meningkatkan, memajukan, membangun peradaban setiap Negara yang dipimpinya
3.   Seorang penguasa atau pemimpin harus mempunyai akhlaq bijaksana yang dapat menjadi panutan setiap yang dipimpinnya.
4.  Seorang pemimpin mampu menyesaikan masalah dan ujian setiap permasalahannya yang di pimpinnya.


Selengkapnya :

Download Makalah Tafsir Tarbawi (Kepemimpinan Membangun Peradaban Baru)






Lihat Makalah Lain :




Post a Comment

 
Top