Makalah Metodologi Pendidikan (Judul Penelitian)

Makalah Metodologi Pendidikan (Judul Penelitian)

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Judul Penelitian

Sebelum berbicara hubungan antara judul dan masalah penelitian, ada baiknya dikemukakan pengertian judul penelitian itu sendiri. Judul pada hakikatnya merupakan nama suatu karangan atau tulisan. Ada juga orang mengatakan bahwa judul adalah kepala suatu karangan/tulisan. Seperti halnya kepala manusia, kepala karangan/tulisan tentu mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu tulisan termasuk dalam suatu proposal penelitian. Judul mengungkapkan abstraksi tertinggi dari suatu penelitian/tulisan dan dari judul tersebut, orang dapat menangkap esensi penelitian/tulisan (Cf. Abdullah, 2004:17). Sungguhpun di atas dikatakan bahwa yang pertama kali ditetapkan dalam penelitian adalah masalah penelitian, yang pertama kali dan paling sering dibaca orang adalah judul penelitian tersebut, bukan masalah penelitiannya. Judul penelitian tetap memberikan kesan pertama terhadap isi penelitian secara keseluruhan sehingga baik buruknya suatu proposal penelitian juga sangat ditentukan oleh baik buruknya atau menarik tidaknya judul proposal tersebut.

Makalah Metodologi Pendidikan (Judul Penelitian)

Makalah Metodologi Pendidikan (Judul Penelitian)

B.    Perumusan Judul Penelitian

Rumusan judul penelitian merupakan cerminan keseluruhan rencana penelitian yang akan dilaksanakan sehingga hanya dengan mebaca judul penelitian, seseorang akan dengan mudah memperoleh gambaran tentang berbagai hal yang berkaitan dengan penelitian yang dilaksanakan. Judul penelitian kuantitatif dan kualitatif memang berbeda variasinya. Untuk penelitian kuantitatif, secara singkat rumusan judul penelitian harus memuat unsur-unsur diantaranya:

1)       Sifat penelitian;
2)       Variabel penelitian
3)       Subjek penelitian;
4)       Lokasi penelitian
5)       Jenis penelitian
6)       Waktu penelitian

Tentang penulisan judul, beberapa pakar memberi arahan tentang bagaimana penulisan judul penulisan yang baik, yaitu sebagai berikut.

1.   Judul harus mencamtumkan topik permasalahan
2.   Judul harus jelas dan mudah dipahami.
3.   Judul tidak perlu Puitis
4.   Judul ditulis singkat.
5.   Judul ditulis dalam kalimat berita.
6.   Judul ditulis secara logis.
7.   Hindari menggunakan singkatan.
8.   Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Selengkapnya :

Download Makalah Metodologi Pendidikan (Judul Penelitian)






Lihat Makalah Lain :





0 Comments