Makalah Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penelitian)
BAB II
PEMBAHASAN
A. Metodologi Penelitian
Pada hakikatnya penelitian adalah suatu cara dari sekian cara yang pernah ditempuh dilakukan dalam mencari kebenaran. Cara mendapatkan kebenaran itu ditempuh melalui metode ilmiah. Jadi, tidak berlebihan apabila metode disebut sebagai strategi dalam penelitian ilmiah. Tujuannya untuk meramalkan, mengontrol dan menjelaskan gejala-gejala yang teramati guna mendapatkan kebenaran yang kita inginkan. Sebagai suatu strategi, metode ilmiah memiliki langkah-langkah atau prosedur yang perlu ditempuh dalam mengamati gejala-gejala atau data sebagai bahan yang harus dipertimbangkan dalam mengungkapkan kebenaran tadi. Prosedur tersebut berupa merumuskan masalah, melakukan studi literatur atau paling tidak membaca hasil penelitian, menuyusun asumsi-asumsi atau bila dipandang perlu menghadirkan hipotesis, mengumpulkan data dan menganalisis data dan terakhir membuat kesimpulan.
Unsur yang paling menonjol dalam suatu penelitian ilmiah adalah adanya pemecahan masalah. Masalah yang terpecahkan tentu saja diselesaikan melalui prosedur pemecahan masalah yang benar. Prosedur permasalahan bergantung pada metode dan desain penelitian yang dilakukan. Setelah itu, data,informasi, dan bukti-bukti dari sumber yang benar (populasi atau sampel) dianalisi statistika yang tepat, hingga akhirnya diperoleh kesimpulan.
Makalah Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penelitian)
Untuk membantu memahami dasar-sasar umum yang dibutuhkan itu, berikut membahas cara-cara manusia mencari kebenaran:
1. Penemuan sacara kebetulan
2. Melalui “Trial and Error”
3. Melalui otoritas dan kewibawaan
4. Pemecahan cara spekulasi
5. Dengan berpikir kritik atau berdasarkan pengalaman
6. Melalui penyelidikan ilmiah
B. Tahapan-tahapan Penelitian
1. Tahapan persiapan / perencanaan penelitian
2. Tahapan pelaksanaan penelitian
3. Penulisan laporan peelitian
Langkah-langkah, batang tubuh, unsur-unsur suatu penelitian yang bisa dijadikan pegangan bagi penelitian pendidikan khususnya dan penelitian ilmiah umumnya adalah sebagai berikut :
a. Permasalahan, dijabarkan menjadi :
1) Latar belakang masalah
2) Pentingnya masalah
3) Pembahasan dan perumusan masalah
b. Kajian literatur
c. Asumsi-asumsi dan hipotesis
d. Pemilihan pendekatan, dijabarkan menjadi pemilihan:
1) Metode, teknik, dan desain
2) Teknik sampling (populasi dan sampel)
e. Model instrument pengumpulan dan pengolahan data
f. Kesimpulan dan implikasi
C. Jenis Penelitian Pendidikan
1. Dari segi tujuan umum penelitian pendidikan:
a. Jenis penelitian exploratorif, bertujuan untuk menemukan problematik-problematik baru dalam dunia pendidikan
b. Jenis penelitian pengembangan, yaitu bertujuan untuk memperkembangkan pengetahuan atau teori pendidikan yang sudah ada.
c. Jenis penelitian verifikasi, yaitu penelitian untuk menguji kebenaran suatu pengetahuan atau suatu teori dalam bidang pendidikan.
2. Dari segi kegunaannya:
a. Penelitian Dasar (Fondamental Research)
b. Penelitian Terapan (Applied Research)
c. Penelitian Tindakan (Action Research)
d. Penelitian Evaluasi (Evaluation Research)
e. Penelitian Assesmen (Assesment Research)
D. Tujuan Dan Kegunaan Penelitian Pendidikan
1. Tujuan
a. Menemukan pengetahuan, teori, konsep atau dalih generalisasi baru tentang pendidikan.
b. Untuk memperbaiki atau memodifikasi teori pendidikan lama.
c. Untuk memperkokoh suatu teori atau generalisasi yang sudah ada.
2. Kegunaan
Hasil penelitian dapat dijadikan:
a. Peta yang menggambarkan tentang keadaan pendidikan.
b. Sarana diagnosa.
c. Sarana untuk menyusun kebijakan (policy).
d. Sebagai dasar melukiskan tentang kemampuan dalam pembiayaan, peralatan, perbekalan serta tenaga kerja.
Selengkapnya :
Download Makalah Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penelitian)
Lihat Makalah Lain :
Post a Comment