Makalah Teknik Analisis Data (Metodologi Penelitian)

Menganalisis data merupakan bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan baik-baik dalam suatu penelitian, karena disinilah langkah yang akan menentukan hasil kesimpulan atau hipotesis suatu penelitian dengan cara atau teknik-teknik menganalisis suatu data, baik data kuantitatif ataupun kualitatif.
Sebelum melangkah pada analisis data, peneliti harus tahu dulu jenis data apa yang akan kita analisis, dan harus tahu proses untuk menganalisis data.

Makalah Teknik Analisis Data (Metodologi Penelitian)

Makalah Teknik Analisis Data (Metodologi Penelitian)
Pada postingan kali ini akan dibahas cara-cara ataupun teknik dalam menganalisis suatu data dalam rangkuman judul Makalah Teknik Analisis Data (Metodologi Penelitian).

BAB II

PEMBAHASAN


A.    Pengetian Teknik Analisis Data
Dalam penelitian kuantitatif, teknik analisis data yang digunakan sudah jelas, yaitu diarahkan untuk menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis  yang telah dirumuskan dalam proposal karena dtanya kuantitatif, maka teknik analisis yang menggunakan metode statistik yang sudah tersedia. Misalnya akan menguji hipotesis hubungan antar dua variabel, bila datanya  ordinal maka statistik yang digunakan adalah korelasi spearman rank,sedangkan bila  datanya interval atau  ratio digunakan korelasi pearson product moment. Bila akan menguji signifikansi komparasi data dua sempel, datanya interval atau ratio  digunakan t-tast dua sampel, bila datanya n nominal digunakan chi kuadrat. Bila akan menguji hipotesis komparatif lebih dari dua sampel, datanya interval, digunakan analisis varian.

B.     Proses Analisis Data
Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama di lapangan, dan setelah selesai di lapangan. Dalam hal ini Nasution menyatakan analisis telah dimulai sejak merumuskan dan menjelaskan masalah, sebelum terjun kelapangan, dan berlangsung terus sampai penulis hasil penelitian.
1.      Analisis sebelum di lapangan
Penelitian kualitatif telah melakukan analisis data sebelum peneliti memasuki lapangan. Analisis dilakukan terhadap data hasil studi pendahuluan, atau data sekunder, yang akan  digunakan untuk menentukan fokus penelitian.  Namun demikian  fokus penelitian  ini masih bersifat sementara, dan akan berkembang setelah peneliti  masuk  dan selama di lapangan.
2.      Analisis  data  di lapangan model Miles and Huberrman
Miles and Huberrman, mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas,sehingga datanya sudah jenuh, aktivitas dalam analisis data yaitu:
a.       Data  Reduction (reduksi data)
Mereduksi data berarti merangkum memilih hal-hal yang pokok,memfokuskan pada hal-hal yang penting. Di cari pola dan temanya.  Dengan demikian data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan memperuah peneliti untuk melakukan pengumpulan data dapat di bantu dengan peralaan elektronik seperti komputer mini, dengan memberikan kode pada aspek-aspek tertentu, data yan g tidak penting yan g diilustrasikan dalam bentuk simbul-simbul seperti %,#,@ dsb, sedangkan data yang penting diberi kode huruf besar atau huruf kecil,angka dan simbol-simbol yan g mudah dipahami.
b.      Data Display (Penyajian Data)
Setelah data direduksi, maka langah selanjutnya adalah mendisplaykan data. Kalau dalam penelitian kuantitatif penyajian data ini dapat  dilakukan dalam bentuk tabel,grafik,phie chard, pictrogram dan sejenisnya. Melalui penyajian data tersebut maka data terorganisasikan ,tersusun  dalam pola hubungan sehingga akan semakin  mudah dipahami. Miles and Huberrman menyatakan yang paling  sering digunakan untuk menyajikan data dalam penelitian kulitatif adalah dengan teks yang berifat naratif, disarankan,dalam melakukan display data, selain dengan teks naratif,juga dapat berupa,grafik,matrik,network dan chart.
c.       Conclusion Drawing
Miles and Huberrman menyatakan langkah selanjutnya adalah penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan awal yang dikemukakan masih bersifat sementara , dan  akan  berubah bila tidak ditemuan bukti-bukti  yang  kuat yang mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya. Tetapi apabila kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal di dukung oleh bukti –bukti yang valid dan konsisten saat peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data , maka kesimpulan yang dikemukakan merupakan kesimpulan yang kresibel.
3.      Analisis Data Selama di Lapangan Model Spradley
Proses penelitian kualitatif setelah memasuki lapangan,di mulai dengan menetapokan seseorang infroman kunci yang merupakan informan yang berwibawa dan dipercaya mampu membuka pintu untuk memasuki obyek penelitian.terdapat tahapan  analisis data yang dilakukan dalam  penelitian kualitatif:


C.    Langkah –Langkah Analisis Data                             
Sebelum data dianalisis, data kasar ada yang perlu diadministrasi secara jelas untuk memudahkan ketika  seorang  peneliti melakukan analisis dan  merumuskanya ke komputer. Langkah ini disebut mempersiapkan data, langkah yang penting yang perlu diambil dalam mempersiapkan ini adalah:
1.      Melakukan skoring
2.      Persiapan
3.      Tabulasi
4.      Penerapan data sesuai dengan pendekatan penetian.


BAB III
PENUTUP

 Selengkapnya :

Makalah Teknik Analisis Data (Metodologi Penelitian)


Demikianlah postingan Makalah Teknik Analisis Data (Metodologi Penelitian), semoga bermanfaat.




Lihat Contoh Makalah Lain :




0 Comments